Ahad 18 Feb 2018 15:00 WIB

Sosok Ideal Gubernur BI Menurut Asosiasi UMKM Indonesia

Gubernur BI idealnya berasal dari kalangan treasury.

Rep: Melisa Riska Putri / Red: Reiny Dwinanda
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo akan berakhir masa tugasnya pada Mei 2018.
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo akan berakhir masa tugasnya pada Mei 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) memiliki gambaran tersendiri mengenai sosok ideal pengganti Agus Martowardojo yang akan berakhir masa jabatannya sebagai gubernur Bank Indonesia pada Mei 2018. Ketua Umum Akumindo Ikhsan Ingratubun mengatakan sosok gubernur BI haruslah orang yang berpengaruh. 

Ikhsan menginginkan gubernur BI yang baru berpengaruh di sisi global maupun regional Asia. "Jadi dapat mengetahui makro dan mikro," kata Ikhsan, Ahad (18/2).

Selain itu, Akumindo masih memiliki kategori lainnya. Gubernur BI lebih cocok dijabat dari kalangan treasury. Alasannya, dengan kemampuan treasury, ia akan bisa menciptakan peluang dan memanfaatkan peluang.

Baca juga: Jokowi Ajukan Calon Pengganti Gubernur Bank Indonesia

"Bukan orang finance, bisanya memakai, me-manage dan menguarkan. Orang finance cenderung nggak bisa intervensi. Treasury mampu mengintervensi agar rupiah tidak terpuruk," ujar dia.

Di samping itu, kandidat gubernur BI haruslah mampu menciptakan dan membela peluang UMKM. Sosoknya diharapkan dapat memudahkan UMKM memperoleh kredit di bank tanpa perlu adanya jaminan. Apalagi, ada bantuan Bank Dunia untuk UMKM senilai 40 juta dolar AS yang menurutnya belum terserap dengan pola yang belum jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement