Selasa 09 Jan 2018 22:28 WIB

Air Asia Filipina Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Budi Raharjo
Pesawat AirAsia (ilustrasi)
Foto: Reuters
Pesawat AirAsia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Air Asia Filipina resmi beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta mulai Selasa (9/1) ini. Penerbangan ini rencananya akan menjalani rute Manila - Jakarta dan sebaliknya.

Peresmian penerbangan Air Asia Philippines dari Bandara Ninoy Aquino Manila menuju Jakarta itu akan menggunakan pesawat Airbus A320 dengan jumlah penumpang sekitar 137 orang. Penerbangan perdananya sendiri dilakukan Selasa (9/1) ini pukul 14:00 WIB di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya pesawat ini akan segera beroperasi di Terminal 3.

PT Angkasa II (Persero) sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta berkomitmen untuk terus mendukung rencana bisnis maskapai. Haerul Anwar selaku Branch Communication Manager Bandara menyatakan rencana bisnis maskapai merupakan upaya memajukan industri penerbangan dalam dan luar negeri.

"Kami (PT Angkasa Putra II) berharap Air Asia Philippines dapat memperluas konektivitas masyarakat di seluruh wilayah Asean dan menguatkan jaringan ekonomi antara negara Indonesia dan Filipina," ujar Haerul Anwar dalam keterangan tertulis yang didapat Republika, Selasa (9/1).

Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini tengah melakukan berbagai peningkatan fasilitas seperti adanya konektivitas kereta layang dan kereta bandara. Termasuk didalamnya revitaliasi interior baik di Terminal 1 yang kini memiliki kapasitas 18 juta penumpang dan Terminal 2 yang memiliki kapasitas 19 juta penumpang. Di tahun 2017 sendiri jumlah penumpang mencapai 63 juta.

"Kita telah melakukan berbagai pengembangan dalam pelayanan dengan terus menghadapi tantangan zaman di era-digital ini. Sehingga desakan atas pelayanan yang menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai world class airport telah terpola saat ini," lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement