Rabu 20 Dec 2017 18:17 WIB

PLN Siagakan 3.381 Personel untuk Natal-Tahun Baru 2018

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Gita Amanda
Perusahaan Listrik Negara/PLN (ilustrasi)
Foto: Antara/Zabur Karuru
Perusahaan Listrik Negara/PLN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta menyiagakan 3.381 personel satuan tugas (satgas) dalam rangka menjaga suplai dan keandalan listrik menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018.

Personil satgas yang disiagakan ini terdiri dari atas Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), Tim Pelayanan Teknik (Yantek) serta Tim Pemeliharaan Gardu Induk (GI). "Guna menjamin keandalan listrik, satgas ini juga didukung oleh 325 mobil pelayanan teknik, 23 mobil PDKB, 69 motor Unit Reaksi Cepat (URC)," kata Deputi Manajer Operasi Distribusi selaku PLH Manajer Distribusi PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Abdul Haris, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (20/12).

Ia mengatakan gelar personil, armada serta peralatan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan PLN dalam mengamankan jaringan listrik selama berlangsungnya perayaan Nataru oleh masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mengawali seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan satgas PLN ini telah dilaksanakan Gelar Pasukan dan Peralatan yang dilaksanakan serentak di seluruh area kerja PLN distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Khusus untuk PLN Area Semarang, Gelar Pasukan dan Peralatan ini mengambil tempat di lapangan Gardu Induk Listrik PLN Krapyak, Kecamatan Semarang Barat," jelasnya.

Haris juga menyampaikan, menjelang Natal dan Tahun Baru ini PLN akan memprioritaskan pengamanan di tempat ibadah Gereja serta tempat- tempat wisata yang diperkirakan akan menjadi tujuan masyarakat untuk melakukan liburan akhir tahun.

"Dalam setiap pekerjaan PLN selalu memperhatikan aspek keselamatan. Untuk itu jajarannya menekankan petugas untuk memperhatikan kelengkapan alat pelindung diri dan patuh terhadap SOP. Yang paling utama senantiasa berdoa sebelum memulai pekerjaan," tandasnya.

Selain dari sisi kesiagaan personil, ketersediaan pasokan listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta diperkirakan aman. Menjelang Natal dan Tahun Baru tidak ada masalah terkait pasokan listrik di area kerja Jawa tengah dan Yogyakarta.

Saat ini cadangan listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta tersedia sebesar 648 Mega Watt (MW). Ia memperkirakan pada saat Natal dan Tahun Baru rata- rata beban puncak listrik sebesar 3.270 MW pada siang hari dan 3.728 MW pada malam hari.

Dengan begitu, untuk masalah pasokan listrik kemanan jaringan tidak ada masalah apapun. Prinsipnya tim satuan tugas Nataru sudah siap melakukan penanganan apabila terjadi gangguan listrik.

Selain Tim PDKB dan Pelayanan Teknik, layanan Call Center PLN 123 juga tetap siaga 24 jam melayani pelanggan selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Apabila ada masalah terkait gangguan listrik dan pengaduan lain, pelanggan dapat menghubungi telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123 dan email [email protected].

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement