Selasa 17 Oct 2017 09:42 WIB

Trump akan Bertemu Yellen Terkait Pergantian Gubernur Fed

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nidia Zuraya
Bank Sentral Amerika. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Bank Sentral Amerika. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu dengan Gubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve (Fed), Janet Yellen pada Kamis (19/10). Pertemuan ini sebagai bagian dari pencarian kandidat baru untuk posisinya, menurut seorang sumber yang mengetahui rencana pertemuan tersebut.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Trump telah bertemu dengan ekonom Stanford University John Taylor untuk membahas soal pergantian pimpinan The Fed. Beberapa sumber mengatakan Trump memiliki daftar nama untuk ditemui yang mencakup anggota Dewan Gubernur Fed Jerome Powell, mantan gubernur Fed Kevin Warsh, Penasihat ekonomi utama Trump Gary Cohn, dan Yellen yang masa jabatannya akan berakhir pada 3 Februari 2018.

Kepala staf Gedung Putih John Kelly mengatakan Trump akan segera mengambil keputusan mengenai siapa yang seharusnya menjadi pimpinan The Fed. "Masih ada ... wawancara. Semua orang yang telah diwawancarai benar-benar merupakan pilihan draft pertama, dan kami harus lebih banyak lagi," kata Kelly kepada wartawan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (17/10).

Trump mengatakan kepada wartawan akhir bulan lalu bahwa dia telah bertemu dengan empat kandidat untuk memimpin bank sentral AS dan akan mengambil keputusan dalam dua atau tiga pekan ke depan. Ucapan Kelly menunjukkan kerangka waktu yang agak lama.

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Trump akan bertemu dengan Taylor pada Rabu untuk membahas pekerjaan tersebut, didampingi oleh Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan anggota tim lainnya yang membantu dalam pencarian. Bulan lalu, Trump telah bertemu dengan mantan Gubernur Fed Kevin Warsh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement