Senin 14 Aug 2017 06:38 WIB

1.200 Warga Lampung Ikuti Jalan Sehat PGN

Direktur Umum dan SDM PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Desima E. Siahaan (kedua kanan) membuka Jalan Sehat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Komplek PTPN VII Jalan Teuku Umar, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Ahad (13/8).
Foto: pgn
Direktur Umum dan SDM PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Desima E. Siahaan (kedua kanan) membuka Jalan Sehat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di Komplek PTPN VII Jalan Teuku Umar, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Ahad (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), Ahad (13/8) menyelenggarakan jalan sehat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan Indonesia yang diikuti sekitar 1.200 warga Lampung. Direktur Umum dan SDM PGN Desima E Siahaan mengatakan selain sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menyebarkan energi baik di wilayah operasional, kegiatan jalan sehat tersebut sekaligus juga merupakan rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Lampung.

PGN menjadi koordinator pelaksana BUMN Hadir untuk Negeri di Lampung bersama PTPN VII. "Kami senang dapat menyelenggarakan kegiatan jalan sehat yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kita semua. Selain itu, dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan energi baik bagi masyarakat, khususnya masyarakat Lampung," ujarnya.

Jalan sehat PGN sepanjang 4,2 kilometer di Kompleks PTPN VII, Bandar Lampung, itu diikuti karyawan BUMN dan keluarganya serta masyarakat umum. Sebelum jalan sehat, kata Desima, PGN juga telah melaksanakan kegiatan siswa mengenal Nusantara (SMN) berupa pertukaran pelajar antarprovinsi.

Kali ini, PGN memfasilitasi pertukaran pelajar asal Lampung ke Banten dan sebaliknya pada 19-28 Juli 2017. Tujuannya adalah menanamkan rasa bangga generasi muda terhadap keberagaman dan kekayaan Nusantara.

Sebanyak 23 peserta SMN asal Lampung terdiri dari 18 siswa SMA/SMK, dua siswa SLB (Tuna Rungu), dua guru pendamping, dan satu perwakilan Dinas Pendidikan Lampung diajak lebih mengenal Provinsi Banten.

Sementara, para siswa SMN asal Banten diajak ke Lampung termasuk mengunjungi "offtake station" PGN di Labuan Maringgai, sebagai lokasi pengoperasian kapal "floating storage regasification unit" (FSRU). Keberadaan FSRU Lampung sangat strategis karena mampu meningkatkan serapan gas ke domestik dan mengurangi ekspor gas, sehingga meningkatkan perekonomian nasional. Dengan FSRU Lampung yang diresmikan April 2014, maka PGN mampu memenuhi kebutuhan gas di Lampung, Banten, dan Jabar.

Selain itu, sebagai BUMN gas bumi, PGN juga diberikan tanggung jawab membangun jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Bandar Lampung. Saat ini, PGN tengah membangun jargas sepanjang 204 kilometer yang akan melayani 10.321 sambungan rumah di Lampung dengan target selesai akhir 2017.

Nantinya, PGN bertugas mengoperasikannya. Pemerintah juga menugaskan PGN membagikan dan memasang 116 konverter kit di kendaraan dinas dan angkutan kota. Konverter itu bagian dari rencana pemerintah membagikan 5.000 unit ke masyarakat pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement