Selasa 01 Aug 2017 18:27 WIB

Gelar SMN 2017, BRI Dorong Siswa Kembangkan Nasionalisme

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Satya Festyiani
Bank Rakyat Indonesia
Bank Rakyat Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Bank BRI melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017 untuk menumbuh-kembangkan semangat kebangsaan dan nasionalisme serta rasa cinta Tanah Air di kalangan siswa setingkat Sekolah Menengah Umum.

Sekretaris Perusahaan BRI, Hari Siaga Amijarso menjelaskan, program Siswa Mengenal Nusantara merupakan embrio Kementerian BUMN yang diejawantahkan melalui seluruh lembaga/instansi BUMN. 

"Bank BRI, menggelar acara ini dalam rangkaian kegiatan CSR Bank BRI Peduli Pendidikan yang bertujuan agar para siswa memaknai lebih dalam mengenai arti Bhineka Tunggal Ika sehingga mampu memperkuat pemahaman cinta nusantara sebagai modal bersaing pada kancah global," kata Hari Siaga dalam rilis yang diterima //Republika//, Selasa (1/8).

Dalam aktivitas yang diselenggarakan di BRI Kantor Wilayah Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/7), Bank BRI mengajak 38 siswa dari wilayah Jawa Timur yang digawangi oleh dua orang guru teladan se-Jawa Timur serta satu orang pendamping dari Dinas Pendidikan Provinsi. Para siswa dari Jawa Timur akan dikirimkan ke Provinsi Sulawesi Tenggara untuk belajar secara langsung mengenai kearifan lokal yang berlaku di Sulawesi Tenggara. 

Bank BRI memberlakukan proses yang cukup ketat pada pemilihan para siswa untuk masuk dalam program SMN 2017. Selain untuk pertukaran informasi kebangsaan, para peserta SMN 217 juga akan mendapatkan penambahan wawasan sosial budaya nusantara dan wawasan pendidikan yang dilaksanakan di dalam kelas-kelas seminar selama program ini berlangsung. 

Sebagai lembaga BUMN, lanjut Hari, Bank BRI juga akan mengenalkan wawasan entrepreneurship yang nantinya akan menguatkan semangat berdikari para siswa. Tidak hanya itu, program Siswa Mengenal Nusantara juga akan memberikan pemahaman yang lebih luas kepada para stakeholder/pemangku kepentingan dan shareholder mengenai peran dan tanggung jawab sosial lembaga BUMN dalam membangun kapasitas nasionalisme remaja sebagai generasi penerus bangsa.

"Bank BRI Berencana akan terus menggulirkan program ini di tahun-tahun mendatang sebagai bentuk tanggung jawab sosial Bank BRI bagi masyarakat," kata Hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement