Rabu 28 Jun 2017 07:17 WIB

Bisnis Bank Syariah Timur Tengah akan Merosot pada 2018

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Qatar Islamic Bank (ilustrasi)
Qatar Islamic Bank (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dalam laporan lembaga rating global, Standard and Poor (S&P) Global Ratings disebutkan bahwa pada tahun 2017 dan 2018 kondisi industri keuangan Islam akan mengalami pertumbuhan lebih rendah dari rata-rata selama sepuluh tahun terakhir, yaitu 5 persen. Pada tahun-tahun tersebut diprediksi, kondisi keuangan perbankan syariah di Gulf Cooperation Council (GCC) akan mengalami tahun yang sulit.

S&P memperkirakan perlambatan pada bank-bank Islam di GCC akan bertahan pada 2017 setelah pertumbuhan aset turun menjadi 5,3 persen pada 2016 dari 10,7 persen pada tahun 2014.

"Dalam skenario dasar kami, kami berasumsi bahwa pertumbuhan aset akan stabil sekitar 5 persen Sebagai pemotongan belanja pemerintah dan inisiatif peningkatan pendapatan, seperti pajak baru, mengurangi peluang pertumbuhan bank syariah di sektor korporasi dan ritel," kata S&P.

S&P melihat bank menjadi lebih berhati-hati dan selektif dalam kegiatan pemberian pinjaman mereka, yang memicu persaingan yang semakin ketat. Namun, S&P tidak menilai hal ini akan terjadi secara merata di semua negara GCC. Meskipun perlambatan ekonomi kemungkinan akan tetap diucapkan di Arab Saudi, pertumbuhan bank-bank Islam dipercepat di sana pada tahun 2016, berkat strategi peningkatan bisnis antara korporat dan usaha kecil dan menengah (UKM).

Sebaliknya, penurunan aktivitas ekonomi semakin curam di Qatar, di mana campuran likuiditas yang lebih rendah dan pemotongan belanja pemerintah mendorong bank untuk membatasi rencana ekspansi mereka. Penempatan Qatar di bawah sanksi oleh beberapa negara Arab juga dapat melemahkan prospek industri keuangan Islamnya pada tahun 2017.

Pertumbuhan aset sekitar nol di Kuwait selama setahun terakhir, tertekan oleh depresiasi mata uang asing tertentu dan dampak selanjutnya terhadap beberapa bank-bank Islam Kuwait yang besar. "Meskipun kinerja ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) sedang hangat dan penurunan harga real estat, bank-bank Islam terus berkembang dengan single digit yang tinggi," kata S&P.

Seiring siklus ekonomi yang berubah, menurut S&P indikator kualitas aset bank syariah GCC akan memburuk pada paruh kedua tahun ini dan pada 2018. Pelemahan tersebut tidak terlihat pada 2016 karena seperti biasanya, bank mulai merestrukturisasi eksposur untuk beradaptasi dengan pergeseran lingkungan ekonomi. Oleh karena itu, S&P melihat adanya peningkatan kredit yang direstrukturisasi di GCC tahun lalu, namun tidak menunjukkan peningkatan kredit bermasalah (NPL) bank yang terancam atau biaya risiko.

"Kami pikir kemerosotan akan lebih terlihat pada 2017 dan 2018. Secara keseluruhan, kami percaya bahwa subkontraktor, UKM, dan eksposur ritel ekspatriat akan menanggung beban siklus ekonomi yang berbalik dan berkontribusi secara menonjol terhadap pembentukan NPL baru selama periode tersebut," kata S&P.

Profitabilitas bank syariah GCC akan memburuk lagi pada 2017 dan 2018, sementara beberapa faktor terlihat ikut bermain.

"Biaya pendanaan meningkat, dan margin intermediasi bank yang ditekan pada tahun 2016. Meskipun tekanan tersebut sedikit berkurang setelah beberapa pemerintah mengeluarkan obligasi internasional dan membuka pembayaran kepada kontraktor, kami pikir biaya pendanaan akan terus meningkat pada 2017-2018.

Kenaikan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (Fed) baru-baru ini, yang diikuti juga oleh beberapa bank sentral GCC, dapat menyebabkan simpanan berpindah ke mudharabah (profit sharing investment account/PSIA) dari giro yang tidak diremunerasi. Jika ini terjadi, akan meningkatkan biaya pendanaan lebih jauh lagi.

Sangat sedikit bank syariah yang telah menyisihkan sejumlah besar pencadangan keuntungan (profit equalization reserves/ PER), yang mereka bangun di tahun-tahun yang baik dan digunakan untuk memperlancar kembali pemegang PSIA jika diperlukan.

Biaya risiko terus meningkat. Kami juga memperkirakan kerugian kredit yang lebih tinggi dalam dua tahun mendatang, karena kondisi ekonomi yang relatif lemah. Eksposur terhadap subkontraktor, UKM, dan pelanggan ritel (terutama ekspatriat) kemungkinan akan mendorong tren kenaikan kredit macet.

"Secara umum, kami memperkirakan pertumbuhan pendapatan bank syariah akan melambat, dan mereka akan fokus pada basis biaya mereka untuk mengurangi dampaknya (misalnya dengan memangkas cabang). Seperti rekan-rekan konvensional mereka, bank-bank Islam GCC, melalui basis biaya yang relatif rendah, seharusnya dapat melindungi keuntungan mereka sekitar dua tahun ke depan. Meskipun konsolidasi mungkin menjadi jalan maju di beberapa pasar GCC, kami memperkirakan merger akan tetap menjadi pengecualian pada 2017-2018 dan bukan hal yang normal," kata S&P.

Selain itu, kapitalisasi umumnya merupakan faktor positif bagi bank syariah GCC. Namun, S&P mencatat bahwa hal itu telah berkurang karena sebelumnya pertumbuhan pembiayaan yang cepat tidak diimbangi dengan tambahan modal. Beberapa bank GCC telah menerbitkan sukuk untuk meningkatkan modal dan yang memiliki sukuk, terutama adalah bank yang berada di UAE, Qatar, dan Arab Saudi.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement