Kamis 30 Mar 2017 13:07 WIB

Koperasi Syariah 212, Bukti Koperasi dan Ekonomi Syariah Bisa Bersatu

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Agung Sasongko
Koperasi Syariah 212  meluncurkan minimarket bernama ‘Kita Mart’ di daerah Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/3).
Foto: dok.Istimewa
Koperasi Syariah 212 meluncurkan minimarket bernama ‘Kita Mart’ di daerah Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan citra yang kuat dan tata kelola yang baik, Koperasi Syariah 212 bisa jadi contoh baru koperasi nasional. Jika semua bisa ditangani baik, Koperasi Syariah 212 juga akan jadi bukti perjuangan ekonomi syariah tidak terpisah dengan perjuangan ekonomi nasional.

Peneliti ekonomi syariah STEI SEBI Azis Budi Setiawan menjelaskan, secara umum Koperasi Syariah 212 berangkat dari semangat besar dan citranya pun kuat. Namun ada beberapa tantangan yang harus dijawab selain bagaimana semua modal dasar yang ada tersebut bisa dikonsolidasi dalam insitusi bisnis yang kuat juga.

Tantangan lain adalah integrasi dengan fungsi sosial dalam bisnis sosial. Sebab ruh para pendiri koperasi salah satunya adalah menjadikan koperasi sebagai insititusi bisnis sosial. Dari sana ada titik temu antara ekonomi syariah dengan konsep koperasi yakni bisnis yang memberi dampak kepada anggota sehingga bisa menciptakan distribusi ekonomi yanga lebih baik.

''Ini juga bukti kombinasi konsep koperasi dan ekonomi syariah bisa bersatu sehingga hilang dikotomi ekonomi Islam terpisah dari ekonomi nasional. Di tambah sisi spiritual yang kokoh, itu harusnya juga membawa pertolongan Alla SWT,'' ungkap Azis.

Azis melihat tantangan ini jadi tantangan yang bagus untuk bisa dijawab Koperasi Syariah 212. Sebab saat koperasi ini bisa memberi hasil yang baik kepada anggota, tata kelola baik, dan nilai spiritual terjaga, Koperasi Syariah 212 akan jadi contoh baru koperasi nasional.

Jika bicara koperasi syariah besar, sebenarnya sudah ada. Tapi citra koperasi syariah ini di luar daerahnya belum kuat. Ini peluang umat Islam untuk bisa membuat bisnis yang punya citra dan manajemen bagus.

Pekan ini, Koperasi Syariah 212 meluncurkan toko ritel pertamanya Kita Mart di Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat. Koperasi Syariah 212 menargetkan bisa ada 200 gerai Kita Mart pada 2017 ini. Gerai bisa dimiliki anggota baik individu maupun kolektif, sementara Koperasi Syariah 212 hanya mengambil ujrah dari pusat distribusi barang yang memasok barang ke gerai-gerai Kita Mart.

Selain itu, Koperasi Syariah 212 juga sudah mulai membangun Tower 212 di Margonda, Depok, Jawa Barat. Nantinya apartemen ini akan memiliki 274 unit dengan konsep hunian Islami. Di sektor jasa keuangan, dana simpanan anggota akan dikelola di reksa dana syariah. Koperasi Syariah 212 akan segera meluncurkan reksa dana syariah 212.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement