Jumat 17 Feb 2017 13:57 WIB

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur di Daerah Harus Libatkan Kontraktor Kecil

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nidia Zuraya
Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar pembangunan infrastruktur di daerah-daerah melibatkan para kontraktor kecil yang berada di daerah, serta melibatkan para pelaku usaha kecil menengah (UKM) lainnya. Melalui keterlibatan para pengusaha kecil ini Jokowi berharap akan tercipta pemerataan ekonomi.

"Saya titip, pembangunan infrastruktur itu, terutama di daerah, libatkan kontraktor-kontraktor kecil yang ada di daerah, libatkan kontraktor-kontraktor yang ada di daerah, libatkan UKM-UKM yang ada di daerah agar mereka mendapatkan kue-kue ekonomi. Sehingga, kembali lagi saya sampaikan, pemerataan itu harus terjadi," kata Jokowi dalam acara Financial Close Pembiayaan Proyek Investasi Non Anggaran Pemerintah, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/2).

Lebih lanjut, kata Jokowi, untuk mendorong peran Badan Usaha dalam percepatan pembangunan infrastruktur, pemerintah melalui Bappenas telah menetapkan Daftar Rencana Proyek KPBU Tahun 2017. Pemerintah juga telah membentuk kantor bersama guna mempercepat proses koordinasi proyek-proyek KPBU.

Ia pun berpesan agar tiap kementerian dan lembaga terus bersinergi dalam memanfaatkan skema pendanaan KPBU. "Ini akan saya ikuti terus, saya akan pantau terus, dan saya akan evaluasi terus. Apa hambatannya, apa tidak baiknya, sehingga bisa kita perbaiki," ujar Presiden Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement