Rabu 01 Feb 2017 10:20 WIB

Dubai Terapkan Strategi Baru Pengembangan Ekonomi Islam

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih
Ekonomi Islam (ilustrasi)
Foto: Reuters
Ekonomi Islam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI --- Dubai Islamic Economy Development Centre (DIEDC) meluncurkan strategi pengembangan industri keuangan islam untuk 2017-2021. Secara garis besar, ada dua strategi pendekatan baru yang dilakukan oleh DIEDC yakni fokus pada pengembangan sistem ekonomi islam termasuk mengidentifikasi indikator kinerja untuk memantau pertumbuhan sektor penting, serta mengukur kontribusi industri keuangan islam terhadap perekonomian nasional.

Kemudian, strategi yang kedua yakni meliputi peningkatan status Dubai sebagai pusat referensi keuangan islam global, industri, standar perdagangan, dan tujuan wisata halal. Chairman of Dubai Executive Council and General Supervisor Dubai Capital of Islamic Economy Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengatakan, ekonomi islam memiliki akar yang kuat di masa sekarang dan juga masa depan. Kemajuan ekonomi islam tidak berarti tanpa adanya keberlanjutan, keamanan finansial, dan stabilitas ekonomi.

"Keberhasilan kami akan bergantung pada kreativitas dalam mengembangkan teknologi dan inovasi dalam ekonomi islam," ujar Sheikh Hamdan dilansir Zawya, Rabu (1/2).

Untuk mengembangkan teknologi dan inovasi dalam industri keuangan islam diperlukan penguatan sumber daya insani. Oleh karena itu, menurut Sheikh Hamdan, industri ekonomi islam harus mengandeng para generasi muda yang memiliki keterampilan di bidang teknologi untuk bersama-sama memajukan industri.

 

Pada 2013 lalu, pemerintah Dubai telah menginisiasi pembentukan Dubai sebagai ibu kota Ekonomi Islam. Menurut Sheikh Hamdan, visi dari inisiasi tersebut yakni membangun sebuah ekosistem yang dapat menginspirasi generasi muda untuk membangun masa depan yang lebih sejahtera. Strategi baru DIEDC diharapkan dapat mencapai tujuan utamanya yakni Dubai dapat menjadi pemimpin dalam pertumbuhan sektor ekonomi islam di skala lokal, regional, maupun global.

Ada tiga pilar utama yang menjadi fokus dalam strategi tersebut yakni keuangan islam, sektor halal, dan gaya hidup islam yang mencakup budaya, seni, fashion dan pariwisata. Sementara itu, pengetahuan, standar, dan digital ekonomi islam berperan penting sebagai pendukung ketiga pilar tersebut terutama dalam membentuk lingkungan yang kondusif untuk investasi berkelanjutan dan pembangunan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement