Selasa 03 Jan 2017 11:10 WIB

Perusahaan Cina Jiplak Karakter Film Cars Buatan Disney dan Pixar

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini
Karakter film cars
Foto: pinterest.com
Karakter film cars

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Sebuah pengadilan Shanghai memerintahkan dua perusahaan Cina untuk membayar Walt Disney Co dan Pixar senilai lebih dari 1,35 juta yuan (194,440 dolar AS atau Rp 2,6 miliar). Uang tersebut sebagai kompensasi karena mengcopy bagian dari film 'Cars' dan 'Cars 2'. Hal tersebut diungkapkan kantor berita resmi Xinhua, Sabtu (31/12)

Sebelumnya, Disney dan Pixar melaporkan prusahaan Cina ke pengadilan karena karakter, judul dan poster animasi lokal 'The Autobots' secara substansial mirip dengan 'Cars' dan 'Cars 2'. Pengadilan menyetujui bahwa karakter Autobots K1 dan K2 mirip dengan Lightning McQueen dan Francesco Bernoulli di film karya Disney dan Pixar tersebut. Pengadilan memerintahkan aktivitas pelanggaran segera dihentikan.

Disney dan Pixar menerima 1 juta yuan atau Rp 1,9 miliar untuk menutupi kerugian ekonomi serta 350 ribu yuan atau Rp 678 juta untuk biaya hukum. Keputusan itu merupakan kemenangan terbaru dalam kasus kekayaan intelektual perusahaan-perusahaan asing besar. Mereka banyak mengeluhkan pelanggaran hak cipta yang cukup luas di Cina.

Sebelumnya produsen mobil Jerman BMW dan bintang basket Michael Jordan, keduanya memenangkan kasus kekayaan intelektual di Cina pada 2016 lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement