Selasa 18 Oct 2016 00:15 WIB

Inilah Bank Syariah Pertama yang Luncurkan Layanan Laku Pandai

Rep: rizky jaramaya/ Red: Budi Raharjo
bri syariah
Foto: Republika/Prayogi
bri syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Syariah ikut berpartisipasi dalam inklusi keuangan melalui Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusi (Laku Pandai). Hal ini sebagai upaya untuk merespons kemajuan teknologi sekaligus mendekatkan dunia perbankan dengan masyarakat luas.

BRI Syariah memberikan nama layanan ini BRISSMART (Sarana Menghadirkan Bank Syariah Terdekat) dan menjadi bank syariah pertama yang meluncurkan layanan ini. "Melalui program Laku Pandai, masyarakat yang belum memiliki tabungan atau terkendala jarak yang jauh dari kantor cabang bank bisa memanfaatkan layanan BRISSMART dengan mendatangi agen temanBRIS," ujar Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso.

Hadi mengatakan, banyak kemudahan yang didapatkan masyarakat melalui layanan Laku Pandai BRISSMART. Di antaranya, nasabah bisa membuka tabungan di agen temanBRIS terdekat dengan setoran berapapun melalui nomor rekening yang sama dengan nomor ponselnya, sehingga mudah diingat.

Selain itu, nasabah bisa bertransaksi setor tunai, tarik tunai serta transfer di lintas agen temanBRIS. Nasabah juga gratis biaya administrasi bulanan tabungan, tidak ada batas saldo minimal, serta bisa menggunakan fasilitas aplikasi mobileBRIS yang memudahkan nasabah untuk cek saldo serta cek mutasi rekening.

Hadi menjelaskan, BRI Syariah meluncurkan program Laku Pandai dari OJK yang diharapkan dapat mendukung program keuangan inklusif sesuai dengan tujuan Pemerintah Indonesia yang dicanangkan dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). BRI Syariah telah melakukan berbagai persiapan termasuk pemantapan infrastruktur teknologi informasi serta seleksi para agen Laku Pandai terutama agen tradisional yang disebut sebagai temanBRIS.

Selain itu, BRI Syariah akan menggarap serius layanan Laku Pandai karena telah siap dan memiliki infrastruktur yang bagus serta didukung dengan pengalaman melayani nasabah dari kota hingga pedesaan atau pelosok Tanah Air. Menurut Hadi, BRI Syariah juga membuka kesempatan kepada nasabah yang memiliki usaha untuk menjadi agen Laku Pandai (temanBRIS), baik yang memiliki usaha toko kelontong, isi ulang pulsa HP, warung dan usaha lainnya.

“Dengan menjadi temanBRIS, agen akan mendapatkan fee sesuai dengan ketentuan maupun kebijakan yang berlaku di BRI Syariah yang berarti akan menambah penghasilan di luar usaha utama agen," kata Hadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement