Selasa 30 Aug 2016 17:38 WIB

Inggris Sasar IKM Indonesia

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Pekerja membuat kue kering di industri kecil rumahan di Kwitang, Jakarta Pusat, Selasa (15/7). (Republika/ Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Pekerja membuat kue kering di industri kecil rumahan di Kwitang, Jakarta Pusat, Selasa (15/7). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Utusan Dagang Perdana Menteri Inggris, Richard Graham mengatakan salah satu proyeksi pengembangan investasi Inggris untuk lima tahun ke depan adalah kelompok industri kecil menengah (IKM).

Selama ini menurut Richard kerja sama antara Indonesia dan Inggris banyak dilakukan pada sektor elite. Salah satunya kerja sama dalam bidang infrastruktur dan aerospace.

Richard menilai, perlu dilakukan pendekatan kepada pelaku IKM. "Industri kecil menengah menjadi salah satu target utama kami setelah refrendum Brexit selesai. Kami terus menjalin komunikasi dengan Kadin dan pemerintah Indonesia untuk bisa menyasar kelompok ini," ujar Richard di Hotel Mandarin, Jakarta, Selasa (30/8).

Richard menilai kuliner dan fashion menjadi salah satu sektor bisnis yang bisa dikerja samakan oleh kedua negara. Ia melihat, industri rumahan banyak memproduksi barang-barang tersebut.

Menurutnya, akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diraih dari kerja sama ini. "Kami merasa juga hal ini baik bagi kedua negara. Apalagi ditambah dukungan investasi yang dilakukan Presiden Indonesia kemarin. Kerja sama yang akan terus berjalan akan semakin baik," ujar Richard.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement