Rabu 08 Jun 2016 06:12 WIB

Harga Daging Ayam di Semarang Meroket Meski Stok Melimpah

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Nur Aini
Ayam potong. Ilustrasi
Foto: Antara
Ayam potong. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Memasuki bulan Ramadhan harga daging ayam potong naik tajam. Di Pusat

Perdagangan Unggas Penggaron, Kota Semarang, harga ayam potong sudah tembus Rp 22 ribu per kilogram.

Pekan lalu, harga daging ayam potong ini masih berkisar Rp 18 ribu per kilogram. Sementara harga daging ayam potong jantan naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 32 ribu hingga Selasa (7/6).

"Harga ayam saat ini naik karena permintaan dari konsumen juga cenderung meningkat," ungkap Abror (39 tahun), salah seorang pedagang di Pusat Perdagangan Unggas Penggaron.

Saat ini, ujarnya, stok ayam potong yang masuk ke Penggaron cukup melimpah. Selain ayam dari peternak lokal, juga masuk ayam potong dari peternak di beberapa daerah di Jawa Timur bahkan Jawa Barat.

Ia juga menyampaikan, seperti halnya Ramadhan tahun sebelumnya, saat harga ayam potong di Pusat Perdagangan Unggas Penggaron naik maka ayam potong dari Jawa Timur dan Jawa Barat akan masuk.

"Para pedagang atau pemasok ayam potong dari Jawa Timur dan Jawa Barat akan memasok ke Pusat Perdagangan Unggas Penggaron ini," ujarnya.

Sadiah (52 tahun), pedagang lain mengamini. Menurutnya di Pusat Perdagangan Unggas Penggaron saat ini ada ratusan pedagang unggas. Mereka akan berbisnis sesusai dengan permintaan pasar. "Bila ayam kampung yang laris, maka kami main di ayam kampung. Bila ayam potong yang laris, kami ya main di ayam potong," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement