Kamis 28 Jan 2016 20:29 WIB

Mulai Februari, BRI Layani Pembayaran Tol Elektronik

Rep: c37/ Red: Nidia Zuraya
Gerbang tol Cileunyi. (ilustrasi)
Foto: www.swatt-online.com
Gerbang tol Cileunyi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) siap melayani pembayaran tol melalui e-toll pada Februari mendatang.  Executive Vice President Electronic Banking Division BRI Dicky Rozano menjelaskan, layanan pembayaran tol elektronik ini baru bisa dinikmati secara bertahap di beberapa gerbang tol.

"Realisasinya bertahap mulai Februari. Saat ini sedang tes, dilakukan ujicoba dulu," kata Dicky Rozano di Pacific Place, Jakarta, Kamis (28/1).

Dicky menjelaskan, saat ini ada sebanyak 1.040 gerbang tol di seluruh Indonesia. Untuk tahap awal, e-toll ini akan diberlakukan pada sebanyak puluhan gerbang tol bersama tiga bank BUMN lainnya, yaitu Mandiri, BTN dan BNI. "JORR ada, Tangerang, Jati Asih, Jatiwarna, Karawaci. Pokoknya puluhan tol jasa marga, " ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihak keempat bank BUMN dan pengelola jalan tol sedang melakukan user acceptment test atau tes ujicoba untuk kartu. Tes uji coba ini dilakukan ratusan kali secara bersama-sama. "Ini tergantung infrastruktur. Dari banknya siap, tapi harus cocok sama kartu kita. Kita coba bersama-sama, BRI, Mandiri, BNI, BTN. Tesnya harus ratusan kali, kartunya diinjek dulu," jelasnya.

Setelah lolos tes uji coba, maka keempat bank BUMN ini akan melakukan sosialisasi secara bersama-sama, tidak monopoli. "Harapannya layanan transaksi elektronik ini sudah bisa diberikan oleh empat bank BUMN di seluruh gerbang tol pada tahun ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement