Senin 21 Dec 2015 15:15 WIB

Mulai 2016 Bulog akan Jaga 11 Komoditas Pangan Strategis

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nidia Zuraya
Beras Bulog
Foto: Edwin/Republika
Beras Bulog

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Perum Bulog diagendakan melakukan penjagaan pangan untuk 11 komoditas strategis di 2016. Sebelas komoditas tersebut yakni beras, jagung, kedelai, daging sapi, gula, ayam, telur, cabai, bawang, terigu dan minyak goreng. 

"Sudah ada rancangannya di meja Presiden, tinggal ditandatangani beliau," kata Direktur Pengadaan Perum Bulog Wahyu dalam acara Sosialisasi Pengadaan, Kemitraan dan On Farm 2016 kepada Mitra Kerja Pengadaan (MKP) se-Jawa Barat, Senin (21/12). 

Ia menerangkan, 75 persen draf pengajuan sudah tahap pembahasan. Nantinya kemitraan dimulai dengan mengoptimalkan keberadaan mitra kerja Bulog yang terdiri dari petani. Para mitra biasanya tidak hanya menanam padi di lahannya. 

Mereka menyesuaikan musim tanam, ada pula yang menanam jagung, kedelai dan komoditas hortikulutra lainnya. Termasuk dengan pengadaan daging sapi dan ayam dan telur ayam. 

 

Jika pengadaan tidak cukup dari dalam negeri, ungkap Wahyu, maka jalur impor terbuka dengan sejumlah pengendalian. "Contohnya jagung, kita diberi penugasan mengimpor 600 ribu ton per Januari-Maret," kata dia. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement