Selasa 17 Nov 2015 14:10 WIB

Investasi Negara APEC di Indonesia Capai 76 Miliar Dolar AS

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Para pemimpin negara-negara APEC.
Foto: AP Photo/Dita Alangkara/ca
Para pemimpin negara-negara APEC.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, realisasi investasi negara-negara yang tergabung dalam Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) mendominasi arus investasi yang masuk ke Indonesia. Dalam lima tahun terakhir investasi 20 negara teratas anggota ekonomi APEC berkontribusi hingga 77,5 persen dengan nilai mencapai 76 miliar dolar AS. 

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, lima negara teratas yang merealisasikan investasi di Indonesia dalam lima tahun terakhir merupakan anggota APEC. Lima negara tersebut adalah Singapura, Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan dan Malaysia.

“Ini menunjukkan keterkaitan investasi dalam  forum kerjasama ekonomi APEC ini sangat besar,” ujar Franky dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/11).

Franky menjelaskan, total realisasi kelima negara tersebut mencapai 67,2 miliar dolar AS atau 68 persen dari total realisasi investasi 20 negara teratas. Menurutnya, tren realisasi investasi dari negara APEC menunjukkan hal yang positif. 

Dari sebaran lokasi, investasi dari negara-negara APEC masih tersentralisasi di Jawa dengan proporsi mencapai 62,4 persen. Nilai investasi negara APEC yang masuk ke Jawa mencapai 43 miliar dolar AS. Sementara itu, dari sektor mayoritas investasi berada di sektor sekunder dengan porsi mencapai 41 persen, diikuti oleh sektor tersier sebesar 36 persen, dan sektor primer 24 persen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement