Jumat 02 Oct 2015 17:41 WIB

OJK Sosialisasikan Perbankan Syariah di Cilegon

Mahasiswa Banten mengikuti sosialisasi perbankan syariah dalam acara Expo iB Vaganza di Cilegon.
Foto: OJK
Mahasiswa Banten mengikuti sosialisasi perbankan syariah dalam acara Expo iB Vaganza di Cilegon.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- OJK bersama perbankan syariah kembali menggelar kegiatan iB (Islamic Banking) Vaganza di Cilegon. Penyeleggaraan kali ini merupakan kali ke-12. Sebelumnya, acara serupa telah berlangsung di kota Solo, Mataram, Makassar, Purwokerto, Bengkulu, Bogor, Balikpapan, Banjarmasin, Semarang, Jakarta, dan Tasikmalaya.

Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah Dhani Gunawan mengatakan acara ini merupakan satu bagian dari rangkaian Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah. Acara ini digelar tiga hari mulai 2-4 Oktober.

Expo iB Vaganza Cilegon digelar di Supermall Cilegon dan dimeriahkan dengan berbagai acara. Acara yang meramaikan rangkaian tersebut di antaranya talkshow edukasi dan sosialisasi produk dan layanan keuangan syariah dengan narasumber dari OJK, pelaku Industri Jasa Keuangan syariah dan akademisi. Acara lainnya adalah penyerahan CSR Perbankan Syariah, aneka lomba (iB Talent, Mewarnai untuk Anak, dan Fashion Show), hiburan, aneka permainan, dan pembagian doorprize harian.

Menurut dia, Expo ini dirasakan perlu diselenggarakan. Industri perbankan dan keuangan syariah nasional perlu terus melakukan sosialisasi dan edukasi publik (kampanye) agar produk serta jasa layanan syariah yang semakin beragam dan berdaya saing dapat dikenal dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Disamping itu juga agar dapat berkontribusi secara nyata dan optimal dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional yang berkesinambungan.

Berdasarkan data OJK, per Juni 2015 industri perbankan syariah terdiri dari 12 Bank Umum Syariah, 22 Unit Usaha Syariah yang dimiliki oleh Bank Umum Konvensional dan 162 BPRS dengan total aset sebesar Rp. 273,494 Triliun dengan pangsa pasar 4,61 persen.

Sebagai rangkaian kegiatan iB Vaganza Cilegon juga akan dilaksanakan 'Workshop Perbankan Syariah kepada Guru dan Tenaga Pengajar Sekolah Menengah di Wilayah Cilegon' pada (3/10) di Hotel Amaris dengan materi antara lain: Kebijakan Pengembangan dan Roadmap Perbankan Syariah, Sistem Ekonomi dan Keuangan Syariah, Konsep Dasar Operasional Perbankan dan Keuangan Syariah dan Produk Simpanan Pelajar Syariah (SimPel iB).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement