Senin 25 May 2015 18:56 WIB

Bank DKI Syariah Dukung Pengembangan Industri Kreatif Bandung

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih
Bank DKI
Bank DKI

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI membuka kantor layanan di Bandung. Direktur Operasional Bank DKI Martono Soeprapto mengatakan pemilihan Bandung sebagai lokasi kantor cabang ini karena Kota Kembang sudah lama terkenal dengan industri ekonomi kreatif, seperti usaha kuliner, fashion, kerajinan, pendidikan, juga tujuan wisata alam maupun budaya.

Martono berharap pembukaan kantor cabang ini dapat membangun sinergi yang saling menguntungkan antara Bank DKI dan pelaku industri kreatif di Bandung. "Sebenarnya Bank DKI sudah hadir di Bandung sejak pertengahan Juni 2013. Kehadiran Bank DKI Syariah di Cabang Bandung lebih ditujukan untuk memberikan layanan perbankan yang lebih menyeluruh bagi warga Bandung," ujar Martono.

Langkah ini juga jadi bagian Bank BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu untuk menjadi bank umum berskala nasional, serta lebih memaksimalkan peran intermediasi ke masyarakat.Karena respon warga Bandung terhadap Bank DKI konvensional dalam dua tahun terakhir dinilai cukup baik, Manajemen Bank DKI memutuskan untuk menambah lagi satu jaringan kantor di Bandung agar dapat lebih optimal melayani warga Bandung.

"Kini warga Bandung dapat memilih menggunakan layanan perbankan dari Bank DKI secara konvensional atau secara syariah. Keduanya, tentu sama baiknya," ujar Martono.

Martono menjelaskan, kehadiran Bank DKI di berbagai daerah juga ditujukan untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan perekonomian daerah. Ia juga berharap Bank DKI dan UUS Bank DKI dapat menjadi anak ke dua Kota Bandung.

Di kesempatan berbeda, Direktur Utama Bank DKI Eko Budiwiyono mengatakan, dengan membuka cabang di wilayah lain, tidak berarti Bank DKI melupakan perannya untuk lebih kontributif terhadap pengembangan perekonomian DKI. Pembukaan cabang-cabang di luar DKI pun selektif dengan memilih kota-kota yang menjadi pusat bisnis daerah yang punya volume hubungan bisnis yang signifikan dengan DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement