Rabu 13 May 2015 19:48 WIB

Menkeu: Investasi Satu-satunya Harapan

Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan
Foto: Antara/Fanny Octavianus
Bambang Brodjonegoro Menteri Keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan investasi menjadi harapan untuk dapat keluar dari perlambatan ekonomi global dunia.

"Kita mengupayakan agar tahun 2015 kita bisa keluar dari tren perlambatan pertumbuhan global ini. Caranya, kalau konsumsi tidak bisa diharapkan terlalu banyak demikian juga ekspor, satu-satunya harapan adalah mendorong investasi," kata menteri dalam Seminar "Strategi Mewujudkan Arsitektur Sistem Keuangan dan Perbankan Nasional yang Tangguh", Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (13/5).

Ia mengatakan investasi yang juga memiliki peranan penting adalah peranan pemerintah dalam pembiayaan infrastruktur.

"Salah satu bagian dari investasi adalah investasi dari pemerintah sendiri terutama melalui belanja pemerintah termasuk belanja infrastruktur," ujarnya.

Pemerintah memperoleh pembiayaan infrastruktur dari berbagai instrumen misalnya surat berharga rupiah dan non rupiah sebagai pelengkap. Kemudian, pemerintah juga berupaya memperluas basis investor, melakukan manajemen portofolio yang aktif dan memperkuat peran badan usaha milik negara misalnya melalui penyertaan modal negara.

"Dan kita selalu menjaga hubungan dengan investor," ujarnya.

Ia mengatakan sumber keuangan untuk pembiayaan pembangunan itu sebenarnya tersedia hanya bagaimana menjaga kepercayaan investor baik dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, ia mengatakan pentingnya peningkatan dana pihak ketiga baik di perbankan maupun pasar modal untuk menjaga kontribusi aktif masyarakat terhadap perekonomian nasional.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement