Kamis 04 Dec 2014 11:47 WIB

Pertamina: Pemakaian BBM Nonsubsidi Meningkat

Harga BBM Subsidi Dari Mega Hingga Jokowi
Harga BBM Subsidi Dari Mega Hingga Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Marketing Operation Region VI PT Pertamina Kalimantan menyatakan pemakaian bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi, jenis pertamax dan pertamax plus pascakenaikan harga BBM bersubsidi di Pulau Kalimantan mengalami peningkatan sebesar 21 persen dalam seminggu.

"Kenaikan pemakaian BBM nonsubsidi dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, seperti disparitas harga yang sudah tidak terpaut besar sehingga masyarakat sadar memilih barang yang tidak bersubsidi sehingga kenaikan per minggu mencapai 21 persen itu," kata Senior Supervisor Eksternal Relations Marketing Operation Region VI Kalimantan, Andar Titi Lestari, di Balikpapan, Kamis (4/12). 

Andar mengapresiasi terhadap perubahan yang dilakukan masyarakat yang mulai beralih menggunakan BBM nonsubsidi tersebut.

"Kami berharap pemakaian BBM nonsubsidi itu terus meningkat, dan masyarakat mulai merasakan perubahan setelah menggunakan pertamax, karena selain lebih hemat, kerja juga bisa lebih optimal, karena pertamax memiliki oktan 92 dan 95 untuk pertamax plus," ujar Andar.

Ia menjelaskan fungsi dari "detergency" pada pertamax yang memiliki oktan 92 menjadi pembersih mesin bagian dalam sehingga mesin terpelihara, sehingga memenuhi standar WWFC (world wide fuel charter) kategori 2,3, dan 4, kemudian "corrosion inhibator" memiliki fungsi pelindung antikarat pada dinding tangki, saluran bahan bakar dan ruangan mesin sehingga mesin terlindungi dan awet.

Sedangkan demulsifier pada pertamax berfungsi menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air sehingga pembakaran menjadi sempurna.

"Pada setiap bahar bakar pasti ada yang mengandung air ketika berada dalam mesin kendaraan, sehingga dengan adanya demulsifier itu, air yang masuk ke dalam mesin akan dihilangkan sehingga pembakaran menjadi sempurna," ungkap Andar.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement