Selasa 15 Apr 2014 19:09 WIB

OJK Akan Awasi Ketat Konglomerasi Sektor Keuangan

Rep: Satya Festiani/ Red: Nidia Zuraya
OJK
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
OJK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mulai melakukan pengawasan konglomerasi terintegrasi di sektor keuangan pada pertengahan 2014.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, otoritas akan segera mengeluarkan guideline pengawasan konglomerasi tersebut. "Strateginya, caranya dan lainnya akan kita kasih guideline-nya," ujar Muliaman, Selasa (15/4).

Menurut dia, dalam perusahaan konglomerasi, standar risiko di induk dan anak perusahaan harus sejajar atau sama. Hal itu ditujukan agar tidak adanya risiko pada anak perusahaan.

Untuk pengawasan konglomerasi tersebut, OJK akan memberikan peringkat komposit. Muliaman mengatakan, tujuan dari peringkat komposit tersebut adalah untuk melihat postur risiko dalam grup secara keseluruhan. "Ini berkaitan modalnya cukup atau tidak. Jadi misalnya kalau risk profile tinggi maupun di anak memerlukan buffer yang lebih besar," ujarnya.

Kendati pengawasan konglomerasi akan dilakukan, Muliaman menegaskan bahwa pengawasan sektoral masih tetap ada. Pengawasan konglomerasi hanya ditujukan untuk melengkapi pengawasan yang sudah ada. "Pengawasan asuransi jalan, bank jalan. Kemudian ternyata ada fakta dimiliki oleh orang yang sama, oleh grup. Makanya grup ini dilihat secara khusus," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement