Rabu 19 Mar 2014 10:31 WIB

Andil Rusia Dalam Konsumsi Gas UE Naik Menjadi 27 Persen

Vladimir Putin
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Andil gas Rusia dalam total konsumsi 28 negara Uni Eropa naik empat poin persentase menjadi 27 persen tahun lalu, menjadikan negara itu sebagai pemasok asing teratas, data menunjukkan Selasa.

Namun untuk konsumsi gas alam berjalan tahun ke tiga di Uni Eropa menurun 1,4 persen menjadi 462 miliar meter kubik tahun lalu, menurut data dari Eurogas, sebuah asosiasi perusahaan gas Eropa.

Konsumsi gas turun 10 persen pada 2011 dan 2,0 persen pada 2012.

Produksi gas Uni Eropa , terutama di Laut Utara turun 1,0 persen menjadi 156 miliar meter kubik, masih menjadikan sumber utama pasokan yakni sebanyak 33 persen.

Norwegia adalah nomor dua pemasok luar negeri, meningkatkan pangsanya sebesar satu poin menjadi 23 persen.

Data menunjukkan bahwa pangsa Aljazair dalam konsumsi Uni Eropa juga telah menurun dengan satu poin menjadi 8,0 persen.

Pangsa Qatar, yang memasok gas alam cair turun dua poin menjadi 4,0 persen, karena pertumbuhan pasokan ekonomi Asia telah menjadi lebih menguntungkan.

Menurut perhitungan AFP, pangsa Rusia dalam impor gas Uni Eropa tumbuh dari sepertiga menjadi sekitar 40 persen, meskipun tren dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan penurunan.

Dengan aneksasi Rusia dari Kimea meningkatkan ketegangan dengan Eropa, di mana telah ada seruan-seruan baru untuk mengurangi ketergantungan pada gas Rusia.

Analis mengatakan bagaimanapun tetap akan sulit bagi Uni Eropa untuk mengurangi ketergantungan gas Rusia secara cepat.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement