Jumat 14 Mar 2014 17:24 WIB

Bank Jepang Tingkatkan Investasi di BTPN

Rep: Friska Yolandha/ Red: Mansyur Faqih
 Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN)
Foto: Antara
Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN)

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) menyatakan telah menaikkan investasinya di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN). Perseroan asal Jepang tersebut telah membeli tambahan saham sebanyak 15,74 persen dari sisa saham biasa BTPN.

"Sehingga, total kepemilikan saham BTPN oleh SMBC menjadi 40 persen," tulis pernyataan BTPN dalam keterbukaan kepada Bursa Efek Indonesia, Jumat (14/3).

BTPN memiliki kekuatan di pasar ritel di Indonesia dan menyambut baik keikutsertaan SMBC yang lebih besar. Sebagai pemegang saham terbesar di BTPN, SMBC berniat untuk turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan dengan berkolaborasi lebih jauh bersama BTPN.

Penambahan kepemilikan oleh SMBC juga dilakukan untuk mendiversifikasikan bisnisnya di pasar Asia, khususnya di Indonesia. SMBC melakukan pembelian sebanyak 919,26 juta lembar saham atau 15,74 persen. 

Rata-rata harga pembelian per saham adalah Rp 6.500. Setelah transaksi, saham yang dimiliki oleh SMBC adalah sebesar 2,336 miliar lembar.

Per akhir 2013, BTPN membukukan laba bersih sebesar Rp 2,13 triliun. Nilai ini tumbuh delapan persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 16 persen menjadi Rp 52,2 triliun. Dan kredit tumbuh 19 persen menjadi Rp 46,1 triliun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement