Jumat 17 May 2013 10:49 WIB

Rupiah Menguat ke Level Rp 9.745 per Dolar AS

Mata uang Rupiah
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Mata uang Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Jumat (17/5) pagi bergerak menguat seiring dengan penjagaan yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI). Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta bergerak menguat sebesar 10 poin menjadi Rp 9.745 dibanding sebelumnya di posisi Rp 9.755 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Jumat mengatakan BI menjaga nilai tukar rupiah paska pengumuman Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) yang defisit pada kuartal pertama 2013. "Kemungkinan nilai tukar rupiah akan dijaga oleh Bank Indonesia di kisaran Rp 9.740-Rp 9.750 per dolar AS," katanya.

Ia menambahkan pergerakan rupiah juga masih dibayangi pelemahan mata uang yen yang telah melemah sebesar 15 persen sepanjang tahun ini, namun rupiah masih menguat 0,39 persen pada periode sama. "Pelemahan yen tidak hanya membawa sentimen pelemahan untuk nilai tukar dalam negeri, tetapi juga melemahkan mata uang Asia lainnya terutama mata uang negara-negara pesaing eksportirnya seperti won Korea, dolar Taiwan, dolar Singapura, dolar Hong Kong," katanya.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan nilai tukar rupiah yang cenderung melemah pada pekan ini diperkirakan akan kembali bergerak menguat pada pekan depan seiring dengan penjagaan BI. "Namun, perlu diperhatikan juga data neraca berjalan dalam negeri yang hingga kuartal pertama 2013 mengalami defisit 5,3 miliar dolar AS atau 2,4 persen dari PDB meski masih lebih baik dari sebelumnya yang defisitnya mencapai 3,5 persen dari PDB," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement