Selasa 02 Apr 2013 12:47 WIB

Premi AXA Indonesia Tumbuh 38 Persen

Rep: Friska Yolandha/ Red: Heri Ruslan
Asuransi AXA
Asuransi AXA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Asuransi AXA Indonesia membukukan perolehan premi per akhir 2012 senilai Rp 425 miliar. Nilai ini naik 38 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Perolehan premi diraih dari asuransi kesehatan yang memberikan kontribusi sekitar 40 persen. "Sisanya diperoleh dari asuransi komersial dan asuransi ritel," ujar Presiden Direktur Elvis Liongsari di Jakarta, Selasa (2/4).

Asuransi kesehatan merupakan salah satu porsi bisnis utama AXA. Bisnis ini mengalami pertumbuhan 57 persen selama lima tahun terakhir. Asuransi ini memiliki potensi cukup bagus di mana menurut Badan Pusat Statistik baru 3 persen masyarakat Indonesia memiliki perlindungan kesehatan.

Elvis menambahkan asuransi kesehatan milik AXA tidak seperti asuransi kesehatan di perusahaan asuransi lain yang lebih banyak bermain di sektor ritel. Asuransi kesehatan AXA khusus menggarap ke sektor korporasi. Artinya perseroan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk menjual produk asuransinya.

Tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan premi sebesar 40 persen dengan nilai sekitar Rp 850 miliar.

Untuk jalur distribusi asuransi, AXA menggunakan jalur broker, keagenan, bank, dan langsung melalui kantor cabang. Jalur broker memberikan kontribusi terbesar dalam distribusi asuransi, yaitu 47 persen. Jalur keagenan memberikan kontribusi 38 persen dan sisanya melalui bank dan penjualan langsung. Saat ini AXA memiliki 535 agen yang sudah tersertifikasi.

Elvis mengungkapkan penjualan melalui bank belum lama ditekuni AXA. Saat ini baru ada satu bank yang sudah bekerja sama dengan AXA, yaitu Bank HSBC. "Kami sedang mengolah bank mana saja yang berpotensi untuk kerja sama dengan AXA tahun ini," kata Elvis.

AXA juga mengembangkan jalur distribusi langsung melalui kantor-kantor cabang di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Semarang. Tahun ini AXA akan membuka kantor cabang di Makasar dan Balikpapan. Hal ini sejalan dengan himbauan regulator untuk mengembangkan daerah timur Indonesia.

Selain itu AXA melihat perkembangan properti cukup tinggi di wilayah timur. Hal ini menurut Elvis merupakan prospek yang bagus untuk pengembangan premi perseroan.

Elvis menambahkan perseroan akan menambah produk-produk baru untuk meningkatkan perolehan premi di tahun ini. Setidaknya ada 4 produk baru yang akan diluncurkan AXA di sepanjang 2013. Produk ini merupakan bagian dari asuransi kesehatan. "Namun asuransi ini lebih ke ritel," kata Elvis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement