Kamis 28 Jun 2012 21:32 WIB

Kadin: Bank di Indonesia Jangan 'Kemaruk'!

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Suku bunga bank (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Suku bunga bank (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank di Indonesia diminta jangan serakah dengan memberikan bunga yang terlalu tinggi bagi nasabah. Wakil Ketua Umum Kadin bidang Moneter, Fiskal dan Kebijakan Publik Haryadi B Sukamdani mengatakan dari segi daya saing, bunga bank memiliki peranan yang sangat penting.

"Bunga bank kita paling tinggi se-Asean," ujar Haryadi, Kamis (28/6). Agar lebih kompetitif, bunga bank semestinya bisa satu digit.

Sembilan persen, menurut Haryadi, sudah menjadi ukuran porsi bunga bank yang paling ideal. Ia juga cukup menyayangkan bunga bank bagi pelaku UMKM yang dipatok sangat tinggi.

Ia menyatkaan mustahil UMKM bisa menjadi pondasi pertumbuhan ekonomi nasional jika tidak didukung oleh bunga bank yang kompetitif. "Tidak mungkin bisa," kata Haryadi.

Haryadi menekankan lagi, bank di Indonesia tidak boleh serakah dengan menargetkan keuntungan yang besar dari bunga bank yang dipatok dari nasabah. Padahal, sekitar 55 persen bank di Indonesia masih BUMN yang seharusnya bisa mendukung perekonomian masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement