Jumat 02 Mar 2012 20:32 WIB

Empat Perusahaan Produksi Mobil Ramah Lingkungan

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Chairul Akhmad

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Empat perusahaan menyatakan siap untuk memproduksi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost and Green Car (LCGC).

Menteri perindustrian, MS Hidayat, mengatakan Toyota, Daihatsu, Honda dan Nissan merupakan beberapa perusahaan yang akan memproduksi mobil itu. Pemerintah telah sepakat untuk memberikan insentif atau keringanan terhadap industri mobil LCGC.

Saat ditemui wartawan, Jumat (2/3), Hidayat mengatakan mekanisme insentifnya baru akan diputuskan pekan depan. “Berupa pengurangan PPnBM atau melalui sistem cukai. Pokoknya keringanannya sama, tapi teknisnya masih dibicarakan,” ujar dia.

 

LCGC rencananya akan dijual dengan harga di bawah 100 juta. Industri LCGC kemungkinan akan dimulai akhir tahun ini dengan investasi Rp 1,8 miliar. “Tentu akan banyak menyerap tenaga kerja, baik industri komponen maupun industri utamanya,” ujarnya.

 

LCGC merupakan salah satu program pemerintah dengan pembuatan mobil ramah lingkungan, hemat energi dan bahan terjangkau. Mobil LCGC memiliki kriteria mesin dengan kapaasitas 1000 cc yang mengonsumsi BBM 22 km per lliter dan kapasitas 1200 cc yang mengonsumsi 1 liter BBM untuk 20 km.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement