Ahad 04 Dec 2011 10:20 WIB

Toyota akan Produksi Mobil Model Baru di Indonesia

Logo Toyota
Logo Toyota

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Produsen otomotif asal Jepang, Toyota, akan memproduksi model baru di Indonesia menyusul penambahan kapasitas produksi di Karawang, Provinsi Jawa Barat, mulai tahun depan.

"Akan ada produk baru dalam 2-4 tahun mendatang," kata Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM), Johnny Darmawan, pada pertemuan dengan sejumlah wartawan Indonesia di sela-sela Tokyo Motor Show, Jepang, Sabtu (4/12) malam waktu setempat.

Johnny mengatakan model baru yang akan diproduksi di Indonesia masih berbasis kendaraan serbaguna (MPV) dan mobil kompak atau mobil kecil untuk perkotaan. Mobil jenis tersebut masih memiliki potensi pasar yang sangat besar. "Indonesia merupakan pasar terbesar MPV dan sedan 4x2 atau mobil kompak kecil seperti Yaris," katanya.

Oleh karena itu, tanpa menyebutkan nama model mobilnya, ia mengatakan kemungkinan besar Toyota akan menempatkan basis produksi model baru MPV dan sedan kompak di Indonesia. Ia menampik kemungkinan Toyota menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk pick-up ataupun sedan.

"Toyota telah memiliki basis produksi sedan dan pick-up yang kuat di Thailand," katanya.

Untuk mendukung kesempatan emas tersebut, dia berharap pemerintah meresponsnya dengan mengeluarkan kebijakan yang kondusif dan konsisten. Pemerintah harus memenuhi janjinya memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur, jalan, pelabuhan, dan energi, serta sejumlah insentif.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement