Jumat 25 Nov 2011 15:42 WIB

Si Kaya di Indonesia Bertambah, Hatta Minta tak Lupakan Jumlah Si Miskin

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa.
Foto: Antara/Dhoni Setiawan
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majalah Forbes merilis daftar 40 orang kaya di Indonesia. Dari daftar tersebut terdapat sejumlah nama baru yang sebelumnya tidak masuk didalamnya.

Menurut Forbes, nilai kekayaan dari 40 orang terkaya Indonesia mencapai 85 miliar dolar AS, naik 19 persen dibanding tahun lalu 71 miliar dolar AS.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengingatkan  meski jumlah orang kaya di Indonesia bertambah, tetapi masih banyak masyarakat yang tergolong miskin.  Untuk itu, perekonomian hendaknya tidak hanya dikuasai oleh segelintir orang tetapi juga semakin banyak masyarakat yang menikmatinya.

"Kita bersyukur ada yang kaya, tapi kita ingin juga banyak rakyat kita yang menikmatinya,"ujar Hatta, di Kantor Presiden, Jumat (25/11). 

Jumlah masyarakat kelas menengah baru yang naik, kata Hatta, mencapai sembilan juta orang. Kenaikan itu disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Namun jumlah masyarakat miskin tidaklah sedikit. Karena itu menurut Hatta upaya pengentasan kemiskinan tidak hanya dipikul oleh pemerintah saja, tetapi semua pihak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement