REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toyota kembali meraih nilai tertinggi dalam kepercayaan dan memenuhi kepuasan pelanggan Indonesia untuk tahun 2011. Hal ini berdasarkan survey JD Power Asia Pacific 2011 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI).
Berdasarkan survey tersebut Toyota meraih nilai 777 atau jauh di atas nilai rata-rata industri otomotif Indonesia yang hanya 772. Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan, mengatakan capaian ini merupakan apresiasi pelanggan terhadap upaya Toyota untuk menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen.
''Semua produk itu sama, tapi yang penting itu service bagi pelanggan,'' tutur Johnny saat membuka Konferensi Pers Survey JD Power Sales Satisfaction Index (SSI), di Hotel Mulia, Jumat (28/10).
Sejauh ini menurut Johnny, Toyota percaya bahwa kesuksesan penjualan tidak hanya tergantung pada pengalaman konsumen saat membeli, akan tetapi juga pengalaman saat memiliki kendaraan. Oleh karena itu menurut Johnny Toyota selalu menekanka strategi pemasaran dan layanan berdasarkan The Best Ownership Experience.
Satu hal menarik menurut Johnny, berdasarkan survet JD Power, bahwa semakin lama durasi para tenaga penjual berinteraksi dengan pelanggan baru berkendaraan bermotor pada saat penyerahan kendaraan untuk memastikan proses berjalan baik, maka memberikan dampak positif bagi kepuasan pelanggan.
Berdasarkan laporan JD Power Asia Pacific, ada tujuh parameter dalam survey tersebut, devilery process, delivery timing, deal, dealer facility, salsesperson, paperwork dan sales initiation. Berdasarkan survey tersebut, tiga ATPM dengan nilai tertinggi, ialah Toyota (777 poin), Honda (773 poin) dan Daihatsu (769 poin).