Selasa 21 Dec 2010 03:55 WIB

Bahkan di Sentra Cabe Pun Harga Makin tak Terkendali

Rep: M As\'adi/ Red: Siwi Tri Puji B
Cabe
Foto: Musiron/Republika
Cabe

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG--temanggung selama ini memasok kebutuhan cabe daerah di sekitarnya. Namun ini, harga cabe di Kabupaten Temanggung pun ikut tak terkendali. Bahkan untuk cabe rawit merah telah menembus angka Rp 60 ribu per kilogram (kg).

Menurut Suwarti (41), seorang pedagang cabe di Pasar Kliwon Temangggung mengatakan, harga cabe kriting merah masih bertengger di kisaran Rp 40 ribu per kg, sedangkan kriting hijau Rp 20 ribu per kg. ‘’Harga ini sudah bertahan sejak sepekan terakhir, padahal sebelumnya sempat turun,’’ ujarnya.

Menurutnya, akhir-akhir ini pasokannya tersendat. "Kami tidak tahu persis sebabnya, tapi menurut petani, banyak yang gagal panen karena banyak tanaman terkena ‘’pathek’’, sedangkan pasokan dari Magelang tersendat setelah Merapi meletus,’’ ujarnya.

Sementara itu, kenaikan harga cabe rawit merah makin menggila. Sampai Senin (20/12) harga cabe rawit merah di sejumlah pasar tradisional di Temanggung sudah mencapai kisaran Rp 60 ribu per kg, dan harga cabe rawit hijau saat ini sudah Rp 40 ribu per kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement