Kamis 25 Nov 2010 19:33 WIB

Maskapai Eropa tak Perlu Takut Qatar Airways

REPUBLIKA.CO.ID,NICE, PRANCIS--Kepala Qatar Airways (QA), Rabu mengatakan bahwa maskapai penerbangan Eropa tidak perlu takut persaingan dari perusahaannya karena ada cukup bisnis di sekelilingnya. "Sangat menyedihkan bahwa operator di Eropa melihat kami sebagai peserta bermusuhan di dalam pasar," kata kepala Qatar Airways Akbar al-Baker di selatan Perancis di mana ia datang untuk meresmikan layanan dari Nice ke ibukota Qatar, Doha.

"Ini bukan karena kita akan membawa bisnis dari mereka karena ada banyak bisnis." Maskapai penerbangan Eropa, terutama Air France-KLM, telah menyuarakan keprihatinan pada peningkatan aktivitas pada bagian dari perusahaan berbasis di Teluk itu, mengeluh perbedaan perpajakan yang mereka katakan mengakibatkan persaingan tidak sehat.

Al-Baker menunjuk sikap Eropa untuk menyadari bahwa "mereka tidak dapat memenuhi standar tertinggi dalam pelayanan penerbangan -- standar tertinggi keramahtamahan, standar tertinggi pengiriman produk kami berikan kepada penumpang ..." "Inilah sebabnya mengapa mereka begitu takut pada kami datang ke pasar Eropa."

Dia mengatakan Qatar Airways saat ini mengoperasikan penerbangan ke 95 destinasi di enam benua. Setelah menghubungkan Nice-Doha, perusahaan ingin menambahkan Bucharest, Budapest, Brussels dan Stuttgart pada operasinya di Eropa pada bulan-bulan mendatang.

Al-Baker menambahkan bahwa untuk saat ini Qatar Airways tidak punya rencana untuk memulai layanan bertarif rendah. "Qatar Airways tidak akan masuk ke bisnis murah untuk saat ini," katanya. "Qatar Airways hanya akan meluncurkan penerbangan bertarif rendah jika kita menemukan bahwa maskapai berbiaya rendah masuk ke pasar kami mengambil pangsa pasar kami."

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement