Ahad 07 Nov 2010 22:55 WIB

Aktivitas Bandara Normal, Masih Ada Maskapai Asing Tunda Penerbangan

Rep: c25/ Red: Siwi Tri Puji B
Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta
Foto: sctv
Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Penerbangan dari dan ke luar negeri melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah normal, Ahad (7/11) pagi. Namun, masih ada beberapa maskapai  asing yang masih menunda penerbangannya.

Menurut Humas PT Angkasa Pura II, Andang Santosa, seluruh penerbangan luar negeri sudah normal sejak pukul 02.00 WIB dini hari. Andang mencontohkan, Qatar Airlines sudah memberangkatkan pesawat rute timur tengah sejak pukul 02.30 WIB. Disusul kemudian Air Asia yang berangkat sekitar pukul 04.00 WIB.

“Namun masih ada maskapai yang menunda keberangkatannya hingga siang ini,” ujar Andang saat kepada Republika.

Andang mengatakan, maskapai asing yang masih menunda keberangkatannya itu adalah Singapore Airlines. Menurutnya, sesuai rencana maskapai itu akan memberangkatkan pesawatnya pada pukul 11.00 WIB siang nanti.

Andang mengatakan, sesuai dengan keputusan dari Kementerian Perhubungan, Bandara Internasional Soerkarno-Hatta aman dari gangguan debu vulkanik letusan Gunung Merapi. Sehingga, seluruh maskapai baik asing maupun domestik tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasa  dan pelayanan bandara.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sabtu (6/11) kemarin, sebanyak 44 penerbangan dari dan keluar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta dibatalkan menyusul kekhawatiran sejumlah maskapai terkait adanya isu debu vulkanik akibat letusan gunung Merapi di Yogyakarta. Pembatalan itu dilakukan secara sepihak oleh maskapai itu sebelum pihak Bandara Soekarno-Hatta mengeluarkan  Notice To Airmen (Notam)  atau pemberitahuan tentang kondisi penerbangan terkait dengan meletusnya Gunung Merapi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement