Rabu 04 Aug 2010 03:33 WIB

Investor Cina Tertarik Tanamkan Modal di Tiga BUMN

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Budi Raharjo
Mustafa Abubakar
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Mustafa Abubakar

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--China Investment Corporation (CIC) tertarik untuk menanamkan modal di tiga BUMN, yaitu BUMN sektor pertambangan, Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III). Investor Cina tersebut dikabarkan siap menggelontorkan investasi sebesar 2 miliar dolar AS dari plafon 25 miliar dolar AS yang disediakan.

''CIC menyatakan minat untuk berinvestasi di sektor batu bara, Pelindo III, dan PLN,'' kata Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, kepada wartawan seusai konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (3/8).

Namun, ia belum tahu skema kerja sama seperti apa yang akan dilakukan antara CIC dengan ketiga BUMN tersebut. Mustafa mengutarakan kerja sama tersebut bisa dalam bentuk joint venture (JV) atau kemungkinan lainnya. Hal ini lantaran Kementerian BUMN belum mengetahui akan ke arah mana bentuk kerja sama tersebut.

''Belum tahu arahnya. Bentuk JV atau apa. Bisa juga seperti Posco dengan KS (Krakatau Steel) dengan menambah kapasitas produksi,'' jelas Mustafa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement