Rabu 21 Jul 2010 02:30 WIB

Rupiah Sore Merangkak Naik Jauhi Rp9.050 Per Dolar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kurs rupiah terhadap dolar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Selasa (20/7) sore naik menjauhi angka Rp9.050 per dolar. Kenaikan didukung oleh faktor ekonomi makro Indonesia yang makin membaik. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS naik 12 poin menjadi Rp9.043-Rp9.053 per dolar dibanding penutupan hari sebelumnya Rp9.055-Rp9.065.

Dirut PT Finan Corpindo Nusa, Edwin Sinaga, di Jakarta, mengatakan, rupiah secara perlahan-lahan terus menguat mendekati angka Rp9.000 per dolar. Namun, kata dia, kenaikan rupiah tersebut kemungkinan tidak akan berlangsung lama, karena Bank Indonesia (BI) akan kembali masuk pasar melakukan intervensi.

Rupiah, menurut Edwin Sinaga , sudah diperkirakan akan kembali menguat mendekati angka Rp9.000, meski tidak mudah untuk menuju kesana. Kenaikan rupiah, lanjut dia, bisa terjadi namun dalam kisaran yang sempit karena BI tetap menjaga pergerakannya tidak melebar.

"BI tidak menginginkan kenaikan rupiah hingga di bawah angka Rp9.000 per dolar yang mengakibatkan pendapatan negara berkurang," katanya. Ia menambahkan, kenaikan rupiah pada Selasa sore merupakan yang tertinggi, karena sebelumnya kenaikan yang terjadi relatif kecil, antara lima hingga tujuh poin.

"Kami optimis rupiah pada hari berikutnya masih bergerak naik yang didukung sentimen positif yang makin kuat," ucapnya. Rupiah, menurut Edwin, sebelumnya pernah mencapai Rp9.032 poin, namun sejak itu kembali melemah hingga di level Rp9.070 per dolar.

sumber : Ant

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement