Sabtu 17 Jul 2010 03:01 WIB

Menko Perekonomian: Kendaraan Roda Dua Pantas Diberi Subsidi

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah menjamin tidak akan ada pembatasan BBM bersubsidi bagi kendaraan roda dua. Namun kebijakan itu tetap bisa diberlakukan untuk kendaraan roda empat.

"Roda dua pantas diberikan subsidi. Karena mereka belum bisa beli mobil, nah yang punya mobil baiknya jangan pakai subsidi," ujar Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat berdiskusi dengan wartawan, Jumat (16/7).

Hanya saja, lanjut Hatta, perlu diberikan persyaratan yang jelas kendaraan roda empat seperti apa yang dapat dikenakan pembatasan itu. Misalkan untuk kendaraan seri atas tidak boleh menggunakan BBM bersubsidi. Tapi sekali lagi perlu ada sosialisasi yang jelas sebelum penerapanya

"Ini hanya sekadar contoh karena secara resmi pemerintah belum memutuskan kendaraan mana saja yang akan dikenai pembatasan," terang Hatta.

Hatta mengakui, pertumbuhan kendaaran roda dua amat pesat. Dari seluruh jumlah kendaraan, 73 persen berasal dari sepeda motor, sedangkan sisanya mobil. Di satu sisi pertumbuhan ini menjadi berkah, namun di sisi lain hal ini bisa menjadi permasalahan. "Yang perlu kita lakukan saat ini adalah bagaimana mengaturnya, mereka yang mampu memang sebaiknya tidak mendapatkan subsidi," jelasnya.

Adapun wacana tentang penghentian subsidi BBM dan kenaikannya secara keseluruhan, Hatta membantahnya dengan tegas. "Tidak ada pemikiran BBM naik, tidak ada putusan pembatasan itu," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement