Rabu 07 Jul 2010 04:57 WIB

Jaga Distribusi Pangan, Menkeu Optimistis Target Inflasi Tercapai

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Budi Raharjo
Menkeu yakin target inflasi tetap tercapai tahun ini, ilustrasi
Menkeu yakin target inflasi tetap tercapai tahun ini, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pemerintah tetap optimistis target inflasi 5,3 persen pada 2010 dapat tercapai. Salah satu upaya dengan menjaga distribusi pangan serta mengantisipasi adanya dampak lonjakan kenaikan TDL, Tahun Ajaran Baru, serta Lebaran.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Keuangan, Agus DW Martowardojo, di Jakarta, Selasa (6/7). Menkeu mengakui inflasi pada Juni sebesar 0,97 persen memang cukup tinggi sehingga menambah inflasi tahun kalender Januari sampai Juni menjadi 2,42 persen.

Tingginya angka inflasi tersebut diakibatkan oleh lonjakan harga bahan makanan yang disebabkan oleh tingginya permintaan. ''Kita berikan perhatian tinggi untuk ini, karena itu ada tim pemantau inflasi,'' ujar Agus.

Guna menahan laju inflasi tersebut, distribusi pangan akan terus dijaga. Disamping koordinasi antar Kementrian kelembagaan juga tetap dijalankan seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Bulog. Begitu pula koordinasi dengan Bank Indonesia. Adapun soal rencana operasi beras belum ada keputusan untuk itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement