REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - BMW Indonesia resmi memperkenalkan dua model performa tinggi terbarunya secara terbatas, BMW M4 CS dan BMW M2 Special Edition pada Selasa (29/10/2024). Peluncuran acara sekaligus peresmian ekspansi jaringan diler resmi BMW seri M di Indonesia.
Marketing Director BMW Indonesia, Bayu Riyanto mengatakan, BMW M4 CS memiliki kuota sangat terbatas di Indonesia, yaitu di bawah 10 unit. Sedangkan M2 Special Edition hanya tersedia dua unit di Indonesia.
“Untuk BMW M4 CS, mungkin hanya ada di bawah 10 unit. Sepertinya, baru dibuka pemesanannya saja sudah habis terpesan, karena ini momen yang sangat spesial," ujar Bayu di Jakarta usai peresmian, Selasa.
Dia merinci, harga BMW M4 CS yaitu Rp 2,99 miliar off the road, atau sekitar Rp 3,3 miliar on the road. Sementara itu, BMW M2 dibanderol mulai Rp 1,76 miliar off the road.
"Namun, jika menggunakan performance parts dan warna individual, harganya akan bertambah sekitar Rp 500 juta,” ungkapnya.
Ia juga mengatakan, dikarenakan model ini edisi terbatas, maka jika kuota sudah habis, konsumen tidak dapat memesan lagi unit BMW M4 CS. Namun, tidak menutup kemungkinan BMW Indonesia akan merilis model-model terbaru ke depannya sebagai komitmen investasi di Indonesia.
"Kita tahu bahwa BMW M Series memiliki positioning harga yang baik dan penetrasi pasar yang kuat. Ini adalah salah satu peluang investasi yang menjanjikan untuk masa depan," ujar Bayu.
Eksklusivitas BMW M4 CS dan BMW M2 Special Edition
BMW M4 CS hadir sebagai kendaraan sport yang dirancang untuk performa puncak di lintasan balap maupun di jalan raya. Model ini menggabungkan teknologi balap mutakhir dengan desain agresif, dirilis dalam jumlah terbatas untuk pasar Indonesia.
BMW M4 CS mengusung mesin enam silinder dengan tenaga 550 ps, akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,4 detik, serta sejumlah teknologi inovatif seperti sasis adaptif dan sistem pembuangan suara yang menghadirkan sensasi balap sejati.
Sementara itu, BMW M2 Special Edition, dengan penambahan komponen eksklusif dari M Performance Parts, membawa tampilan yang lebih sporty dan mesin yang menghasilkan 460 hp. Model ini memiliki dimensi kompak, distribusi bobot yang ideal, serta teknologi sasis dan penggerak yang memastikan pengalaman berkendara dinamis dan lincah.
Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 4,1 detik, dengan performa yang optimal baik di jalan umum maupun lintasan balap.
Ekspansi jaringan diler BMW M
Bersamaan dengan peluncuran kendaraan baru ini, BMW Indonesia juga mengumumkan ekspansi jaringan diler resmi BMW M untuk mendekatkan akses bagi konsumen di berbagai kota besar. Selain Jakarta, kini ada lima diler BMW M yang melayani penggemar merek BMW M di Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Medan. Setiap diler ini tidak hanya berfungsi sebagai showroom, tetapi juga pusat komunitas bagi pemilik BMW M.
“Peningkatan jaringan diler ini sejalan dengan tingginya minat konsumen Indonesia terhadap kendaraan performa tinggi BMW M. Tahun lalu, Indonesia mencatat penetrasi pasar BMW M tertinggi di dunia, dengan satu dari sepuluh unit BMW yang terjual merupakan model M,” ungkap Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia.
Dengan peluncuran BMW M4 CS dan BMW M2 Special Edition, BMW Indonesia berharap dapat mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar kendaraan performa tinggi di Indonesia, sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen yang mencari sensasi berkendara khas BMW M.