Kamis 17 Oct 2024 15:47 WIB

PLN Perkuat Hubungan dengan Publik, Raih 7 Penghargaan dalam Ajang AHI 2024

Penghargaan ini mengusung tema Profesionalisme Humas untuk Indonesia Emas.

Upaya transformasi dan inovasi digital melalui Aplikasi PLN Mobile berhasil membawa PLN meraih penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2024 kategori Kanal Digital dan Aplikasi predikat Silver.
Foto: PLN
Upaya transformasi dan inovasi digital melalui Aplikasi PLN Mobile berhasil membawa PLN meraih penghargaan Anugerah Humas Indonesia 2024 kategori Kanal Digital dan Aplikasi predikat Silver.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN Group berhasil meraih 7 penghargaan dalam The 6th Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2024 yang diinisiasi oleh Humas Indonesia pada Jumat (11/10) di Yogyakarta. Pada ajang ini PLN mendapatkan 1 Gold dan 6 Silver dalam beberapa kategori berkat keberhasilannya menerapkan praktik keterbukaan informasi publik secara inovatif dan kreatif.

Founder sekaligus CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan mengatakan, penghargaan ini mengusung tema Profesionalisme Humas untuk Indonesia Emas. Fokus penilaian penghargaan ini terletak pada upaya peserta dalam mempertahankan prinsip keterbukaan informasi, sembari menghadirkan inovasi dan kreativitas.

Baca Juga

“Kami sangat menghargai badan publik yang mampu berinovasi dalam menyajikan keterbukaan informasi. Apalagi di era digital ini, tantangannya semakin kompleks, sehingga penting untuk selalu berinovasi,” ujarnya.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menyatakan, keberhasilan PLN dalam menerapkan praktik keterbukaan informasi publik tidak lepas dari komitmen perusahaan untuk terus berinovasi dan berkreasi. Ia menegaskan bahwa langkah-langkah ini dilakukan agar masyarakat dapat mengakses informasi dengan lebih mudah dan transparan.

“Kami di PLN berupaya untuk terus berinovasi dan berkreasi, tidak hanya dalam proses bisnis utama kelistrikan, tetapi juga di ranah lain seperti keterbukaan informasi publik. Ini adalah wujud komitmen kami agar masyarakat bisa mendapatkan informasi secara transparan dan mudah diakses,” ujar Darmawan.

Darmawan menambahkan, melalui pendekatan yang inovatif, PLN tidak hanya memenuhi kewajiban regulasi, tetapi juga membangun hubungan yang lebih erat dengan masyarakat. Ia meyakini bahwa keterbukaan informasi publik yang baik akan meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik terhadap berbagai inisiatif perusahaan di bidang energi dan layanan kelistrikan.

"Keterbukaan informasi ini bukan hanya soal memenuhi kewajiban, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa lebih dekat dengan masyarakat. Dengan kepercayaan publik yang kuat, PLN akan semakin mudah menghadirkan inovasi dan solusi di bidang energi," tutur Darmawan.

Darmawan juga berharap agar inovasi dalam keterbukaan informasi publik ini dapat menjadi inspirasi bagi sektor lain untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

“PLN akan terus beradaptasi dan mengembangkan metode komunikasi yang lebih efektif demi pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Adapun kategori yang berhasil dimenangkan oleh PLN Group antara lain:

1. PT PLN (Persero), Program Kehumasan Sowan (Sore Bareng Wartawan), Gold Winner.

2. PT PLN (Persero), Program Kehumasan Pemerintah, Korporasi Negara, Program Kampanye Pakai Molis (Motor Listrik), Silver Winner.

3. PT PLN (Persero), Kanal Digital, Aplikasi, SuperApps PLN Mobile, Silver Winner.

4. PT PLN (Persero), Media Internal, Video Profile, Video Profile Transformasi PLN, Silver Winner.

5. PLN Indonesia Power UBP Kamojang, Program Kehumasan Pemerintah, Korporasi Negara, Strategi Komunikasi Membangun Generasi Emas Melalui Pembangkit Masa Depan, Silver Winner.

6. PLN Energi Primer Indonesia, Program Kehumasan Pemerintah, Korporasi Negara, SINEMA (Sinergi Media dan Biomassa) Transisi menuju Masa Depan Energi Berkelanjutan dan Berkontribusi terhadap Ekonomi Kerakyatan, Silver Winner.

7. PLN Indonesia Power, Program Kehumasan Pemerintah, Korporasi Negara, PLN Indonesia Power sebagai Pioneer Teknologi Hydrogen Hulu ke Hilir, Silver Winner.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement