Ahad 18 Aug 2024 14:14 WIB

Pelita Air Raih Peringkat Tinggi Maskapai Paling On Time

Alvin menilai ketepatan waktu menjadi sangat penting bagi penumpang.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ahmad Fikri Noor
Pesawat milik maskapai Pelita Air.
Foto: Dok Republika.co.id
Pesawat milik maskapai Pelita Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pelita Air kembali meraih peringkat tertinggi On-Time Performance (OTP) pada Juli 2024. Persentase OTP mencapai 95,17 persen.

Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai bahwa Pelita Air layak mendapatkan peringkat 1 OTP. Menurut dia, Pelita Air menerapkan prinsip disiplin dan tepat waktu yang ketat dalam waktu keberangkatan maskapai.

Baca Juga

“Kalaupun Pelita Air mengalami delay, dari yang saya lihat itu bukan karena kesalahan dari internal Pelita Air, tetapi terjadi karena kepadatan traffic di bandara. Baik itu di bandara awal kita akan berangkat ataupun kepadatan traffic di bandara sebelumnya,” ujar Alvin dalam keterangan kepada Republika pada Sabtu (17/8/2024).

Maskapai anak perusahaan Pertamina, Pelita Air ini telah memberikan pelayanan standar dengan sangat mengutamakan kenyamanan bagi para penumpangnya. “Selama saya menggunakan Pelita Air, saya sangat surprised karena selama ini saya kira Pelita Air termasuk dengan LCC (Low Cost Carrier) karena tiketnya sangat terjangkau. Ternyata Pelita Air termasuk dalam medium service,” ungkapnya.

Berdasarkan survei APJAPI pada akhir Januari hingga awal Februari 2024 dari total 7.414 responden, sebanyak 84 persen menyatakan bahwa mereka memilih transportasi udara karena unsur waktu sangat penting bagi penumpang. Oleh karena itu, Alvin menilai ketepatan waktu menjadi sangat penting bagi penumpang.

Selain OTP terdapat beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan oleh maskapai. Hal itu seperti rekam jejak keselamatan, kenyamanan bagi penumpang dan keselamatan barang bawaannya. “Saya berharap Pelita Air tetap mempertahankan prestasinya ini kedepannya,” tutup Alvin.

Peringkat OTP Pelita Air diberikan dalam kegiatan “Safety Briefing Penerbangan” yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara pada Kamis (15/8/2024). Acara tersebut diikuti oleh maskapai-maskapai di Indonesia, pengamat penerbangan dan lainnya.

Untuk diketahui, saat ini, Pelita Air telah melayani 13 destinasi dengan 14 rute penerbangan di Indonesia. Ke depannya, Pelita Air akan terus menambah rute penerbangan dan menambah armada untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement