REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tahun 2019, QR Code Indonesian Standard (QRIS) telah menjadi solusi metode pembayaran yang aman dan nyaman di Indonesia. Nobu Bank terus melakukan inovasi dan langkah kreatif untuk memperluas penggunaan QRIS, terutama dalam literasi digital bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan masyarakat.
Steve Marciano Joe, Chief Operating Officer Nobu Bank, menyatakan bahwa QRIS yang hadir di berbagai kanal telah mendorong Nobu Bank untuk melakukan terobosan dalam membangun interlink dengan institusi non-bank.
"Kami terus memperluas literasi digital bagi masyarakat dan mitra UMKM, mendorong pengembangan UMKM untuk naik kelas," paparnya.
Pada segmen usaha mikro, QRIS Nobu Bank memudahkan transaksi di warung-warung Mitra Bukalapak, yang menyediakan kebutuhan pokok dan pulsa. Komitmen Nobu Bank dalam mendukung UMKM terlihat dari penyediaan sarana pembayaran digital berbasis QRIS, yang memudahkan pelanggan dan pemilik warung dalam pengelolaan dana.
Selain sektor perdagangan, Nobu Bank juga berkolaborasi dengan pelaku UMKM di sektor lain. QRIS Nobu Bank memudahkan pembayaran di jaringan laundry swalayan yang menggunakan aplikasi Smartlink, yang memiliki lebih dari 7.000 mitra.
Di sektor transportasi, QRIS Nobu Bank digunakan di jasa angkutan bus yang dikelola oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD), memudahkan calon penumpang membayar tiket dengan QRIS. QRIS Nobu Bank juga tersedia di halte dan stasiun-stasiun yang menyediakan mesin isi ulang uang elektronik.
Untuk sektor food & beverage, QRIS Nobu Bank tersedia di mesin kopi pintar Jumpstart yang tersebar di lebih dari 3.000 lokasi di Indonesia, memudahkan para pecinta kopi di gedung-gedung perkantoran.
Nobu Bank terus berkomitmen mengembangkan QRIS melalui berbagai terobosan dan inovasi. Implementasi QRIS yang aman di berbagai platform menjadi keunggulan tersendiri, disamping kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan. Nobu Bank akan terus memperluas literasi digital kepada pelaku UMKM dan masyarakat, termasuk edukasi tentang penggunaan QRIS yang aman dan legal, melalui kerja sama dengan mitra strategis baik dalam pola B2B, B2B2C, maupun B2C.