Jumat 19 Jul 2024 22:12 WIB

MMKSI Optimalisasi Kanal Digital untuk Tingkatkan Pelayanan pada Konsumen

MMKSI kembali melakukan peningkatan terhadap MMID.

Sejumlah Mobil Mitsubishi dipamerkan saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang,Banten, Kamis (18/7/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah Mobil Mitsubishi dipamerkan saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tangerang,Banten, Kamis (18/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus melakukan optimalisasi kanal digital. Ini demi meningkatkan dukungan kepada konsumen.

Salah satunya melalui layanan aplikasi smartphone My Mitsubishi Motors ID (MMID). Aplikasi tersebut mengusung tema 'Connecting Your Adventure'. Aplikasi ini sudah diluncurkan sejak 2017 dan terus mengalami pembaruan.

Baca Juga

"Kita ada pengembangan apa saja nanti di website. Berkali-kali kita sempurnakan untuk melayani lebih baik secara digital," kata Deputy Head CX Group PT MMKSI, Ilham Iranda Syahaputra, kepada awak media di pameran otomotif GIIAS 2024, Jumat (19/7/2024).

Sampai saat ini sudah lebih dari 400 ribu pengguna mengunduh aplikasi MMID tersebut. Aktivitas unduhan ini baik melalui App Store maupun Google Play. MMID memperoleh rating yang positif yakni 4,7 di Google Play-Sistem Operasi Android, dan 4,8 di App Store.

"Seperti yang teman teman ketahui bahwa MMID merupakan aplikasi wajib bagi konsumen Mitsubishi," ujar Head of Customer Experience Operation Department PT MMKSI, Bintar Prakoso.

Baru-baru ini MMKSI kembali melakukan peningkatan terhadap MMID baik dari sisi user interface (UI), maupun user experience (UX). Sehingga menjadi lebih segar dan informatif, memudahkan konsumen saat bernavigasi dan menggunakan aplikasi tersebut. Bintar mengatakan, dengan melihat dan mempertimbangkan kebutuhan konsumen yang makin kompleks dan menutut adanya kemudahan lebih dalam penggunaan sehari-hari, maka dilakukan pengembangan. Ini juga berdasarkan suara, saran, dan kritik yang masuk. MMKSI meluncurkan versi terbaru dari MMID bertepatan dengan penyelenggaraan event GIIAS 2024.

"Ini sumber informasi yang cukup lengkap seputar kendaraan Mitsubishi Motors. Di sini ada kurang lebih 18 fitur yang disematkan dalam MMID, Jadi teman-teman bisa lihat semua, dari tahap pra pembelian atau hingga after sales," ujar Bintar.

Dalam keterangan resmi MMKSI, perubahan dan peningkatan pada MMID dapat dirasakan pada fitur berikut, pertama tampilan homepage baru. Ini memungkinkan pengguna melihat ringkasan informasi kendaraan (bagian dari fitur terfavorit My Vehicle) di bagian paling atas pada aplikasi, yang terdiri dari last & next service info, informasi status garansi, dan sharing VIN info. Untuk akses yang lebih mudah MMKSI juga melakukan penyesuaian bottom bar, yang terdiri dari Home, Aktivitas, MiMate, dan MIRA.

Berikutnya, service booking real time. Pengembangan menu service booking dilakukan untuk mengintegrasikan jadwal ketersediaan diler secara langsung, sehingga konsumen dapat lebih mudah memilih slot, lokasi diler, dan jadwal servis. Menu Baru 'Aktivitas'. Ini terletak pada bottom bar. Menu baru 'Aktivitas' menampilkan riwayat berbagai aktivitas yang pernah dilakukan maupun yang sedang berjalan, yang meliputi credit simulation, test drive, pesanan kendaraan, service booking, emergency service-bengkel siaga 24 jam, dan penggunaan coupon. Tambahan fitur baru di menu 'Explore Car':Vehicle Comparison (perbandingan kendaraan) akan memungkinkan pengguna membandingkan antara dua mobil Mitsubishi Motors yang dipilih secara side to side. Tombol call to action pada fitur 'Explore Car' untuk dapat terhubung langsung dengan fitur Download Brochure, Compare Car, Simulasi Kredit, dan Test Drive.

Pengelompokan Notifikasi. Upaya meningkatkan personalisasi pengguna, notifikasi dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu 'Untukmu', 'Kendaraan', 'Pesanan', dan 'MiMate'. "Seluruh peningkatan yang kami lakukan untuk MMID maupun kanal digital lainnya, seperti Mitsubishi Motors Virtual Assistance (MIRA), Website, Sosial Media, dan Mitsubishi Motors Adventure Team (MiMate), merupakan komitmen dan upaya untuk memastikan konsumen Mitsubishi Motors dimudahkan dengan layanan terintegrasi yang mulus dari keseluruhan aspek, termasuk kanal digital yang dapat dengan mudah diakses oleh konsumen. Ini sejalan dengan passion kami untuk memberikan perhatian kami terhadap konsumen, dan menemani beragam aktivitas dan keseharian bersama mobil Mitsubishi Motors untuk meraih tujuannya," ujar Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Terakhir, Loyalty Program. Tidak hanya peningkatan pada UI dan UX, ke depannya MMID juga akan dimanfaatkan sebagai platform untuk melaksanakan loyalty program MMKSI. Salah satu program yang akan dijalankan pada periode dekat adalah 'Spreading The Xcitement of Adventure' pada pada 8 Agustus 2024. Melalui program ini MMKSI akan memberikan apresiasi dan reward untuk Mitsubishi Family yang berhasil merekomendasikan keluarga atau kerabat membeli kendaraan Mitsubishi Motors. Nantikan informasi lebih lanjut terkait program ini melalui MMID dan berbagai kanal Mitsubishi Motors lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement