Kamis 11 Jul 2024 19:06 WIB

Lima Tahapan Pembangunan IKN, Kapan PNS dan TNI/Polri Sudah 100 Persen Tinggal di Sana?

Instruktur dasar yang utama selesai dibangun dan beroperasi untuk penduduk pionir.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
konsep Istana Negara di IKN. Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui lima tahapan.
Foto:

Selanjutnya menuju ke tahap kelima. Tema besarnya mengokohkan reputasi IKN sebagai  'Kota Dunia untuk Semua'. Ini ditargetkan sudah terlihat di 2040-2045.

Ada pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan dari KA IKN dan daerah mitra sekitarnya. Pemantapan infrastruktur dan utilitas terintegrasi. Stabilnya pertumbuhan penduduk di IKN. Mencapai net zero carbon emission dan 100 persen energi terbarukan. Pengembangan industri berkelanjutan. Menjadi kota terdepan di dunia dalam hal daya saing. 

"Ketika kita mengatakan IKN seakan-akan hanya KIPP. Ini yang sebetulnya perlu disosialisasikan. IKN itu 250 ribuan sekian hektar. Kita sedang membangun IKN, bukan membangun di IKN," ujar Imam.

Presiden Joko Widodo berencana memimpin upacara Bendera pada acara HUT Kemerdekaan RI di IKN. Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen IKP, Septriana Tangkary menegaskan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN salah satu transisi awal perpindahan ibu kota negara. Sehingga harus terus diberikan update pemberitaannya secara obyektif. 

"Kami berharap dapat membangun sinergi dan kolaborasi antar kementerian dan lembaga, untuk memberikan informasi yang cepat, akuran, obyektif, kepada seluruh masyarakat, serta kepada rekan media sekalian sehingga mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap komitmen pemerintah terkait pembangunan IKN ini," ujar Septriana.

Penahapan pembangunan IKN disusun untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan pencapaian tujuan yang diimplementasikan secara berkesinambungan dan terpadu. Penahanan pembangunan IKN didasarkan atas proyeksi penduduk yang akan menghuni, juga kebutuhan lahan dan kawasan yang akan dikembangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement