Kamis 22 Aug 2024 23:40 WIB

PosIND dan Mitsubishi Wujudkan Logistik BEV Pertama di IKN

PosIND mengoperasikan Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter.

PT Pos Indonesia (PosIND) membuka gerai keduanya di IKN yang berlokasi di Kawasan Hunian ASN, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin, 19 Agustus 2024.
Foto: Mitsubishi
PT Pos Indonesia (PosIND) membuka gerai keduanya di IKN yang berlokasi di Kawasan Hunian ASN, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin, 19 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-PT Pos Indonesia (PosIND) membuka gerai keduanya di IKN yang berlokasi di Kawasan Hunian ASN, Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Pada kesempatan ini, PosIND memperkenalkan dua model kendaraan listrik ramah lingkungan, Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter, yang rencana konsepnya akan digunakan sebagai bagian dari operasional harian PosIND.

Baca Juga

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), bersama PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck dan Bus Corporation di Indonesia memang berpartisipasi dalam peresmian gerai tersebut.

Kehadiran kedua kendaraan ini merupakan langkah konkret PosIND dalam mendukung pengembangan layanan publik yang modern dan berkelanjutan di Ibu Kota baru.

Acara peresmian ini dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait, termasuk perwakilan dari Kementerian PUPR, dan Otorita Ibu Kota Nusantara, yang bersama-sama menunjukkan komitmen dalam mewujudkan ekosistem transportasi yang ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara.

Hany Sartana, Executive Vice President Regional 6 PT Pos Indonesia (Persero) mengatakan Nusantara Logistics hub di Ibu Kota Nusantara diharapkan dapat menjadi ekosistem transportasi ideal, baik dari infrastruktur serta sarana dan fasilitas pendukung lainnya, yang nantinya dapat diterapkan di seluruh wilayah tanah air.

“Kami memiliki rencana untuk memanfaatkan Mitsubishi L100 EV dan FUSO eCanter di berbagai kegiatan operasi PT Pos Indonesia, khususnya di Ibu Kota Nusantara,” kata Hany dalam keterangannya, Kamis (22/8/2024).

Partisipasi Mitsubishi dalam kegiatan ini, katanya, juga mencerminkan dukungan penuh perusahaan terhadap program-program lingkungan yang sedang dicanangkan di Ibu Kota baru ini. Dengan infrastruktur yang mendukung, kendaraan-kendaraan listrik ini akan menjadi bagian integral dari solusi mobilitas di masa depan, membantu Indonesia mencapai target pengurangan emisi serta mendorong adopsi teknologi ramah lingkungan di berbagai sektor industri.

Kolaborasi antara PT Pos Indonesia dan Mitsubishi dimulai beberapa tahun lalu melalui aktivitas uji coba atau Proof of Concept (PoC) pada L100EV dan eCanter, yang memperkuat hubungan dan kepercayaan dalam industri bisnis logistik.

Melalui upaya tersebut, MMKSI dan Pos Indonesia melakukan studi bersama melalui kegiatan konsep uji coba dengan menggunakan model Mitsubishi L100 EV selama 11 bulan, dari April 2022 hingga Maret 2023.

Kegiatan PoC ini menunjukkan bahwa Mitsubishi L100 EV mampu memenuhi kebutuhan operasional logistik harian dengan baik. PosIND pun menyoroti keunggulan Mitsubishi L100 EV dan mulai menggunakannya dalam berbagai kegiatan operasional, baik saat uji coba di area Nusantara Logistics hub di area Ibu Kota Nusantara, maupun dalam bisnis logistik di berbagai wilayah di Indonesia.

"Sebagai bagian dari visi kami untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan, Mitsubishi berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas yang ramah lingkungan, terutama di kawasan penting seperti Ibu Kota Nusantara,” kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

Menurut Atsushi MMKSI bangga dapat berkontribusi dalam mendukung PosIND dengan menggunakan Mitsubishi L100 EV, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan logistik modern yang efisien dan berkelanjutan.

“Kami yakin berbagai keunggulan tersebut membuat Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi, serta range harga yang ditawarkan. Sehingga model ini dapat diserap dengan baik oleh costumer Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya," ujarnya.

Sementara itu, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga turut berkontribusi dalam mendukung komitmen Pos Indonesia terhadap solusi logistik ramah lingkungan. eCanter, sebagai truk listrik pertama di dunia, membawa inovasi dan teknologi mutakhir yang merevolusi industri kendaraan niaga.

Sejak tahun 2022, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah melakukan serangkaian proof of concept (PoC) untuk memastikan keandalan serta kinerja eCanter di berbagai medan di Indonesia, dan PT Pos Indonesia pun menjadi salah satu mitra dalam kegiatan ini. Hasilnya, PT Pos Indonesia menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dan yakin bahwa eCanter adalah pilihan tepat untuk mendukung inisiatif logistik ramah lingkungan di IKN.

“Kami mengucapkan selamat atas peresmian Nusantara Logistics hub ini. Kami merasa terhormat dapat berkontribusi dalam mendukung transformasi transportasi logistik yang ramah lingkungan dengan menghadirkan eCanter sebagai bagian dari armada PosIND di IKN,” kata President Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Daisuke Okamoto.

Kontribusi eCanter, menurutnya, tidak hanya menjadi bukti nyata bahwa truk listrik ini adalah solusi masa depan yang andal untuk berbagai sektor industri, tetapi juga mampu menghadapi tantangan operasional di berbagai medan jalan di seluruh Indonesia. “Kami percaya bahwa eCanter akan memainkan peran vital dalam mencapai tujuan ini, sekaligus memperkuat komitmen kami terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan masa depan,” ujar Daisuke .

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement