Kamis 27 Jun 2024 18:55 WIB

Rupiah Menguat di Tengah Sikap The Fed yang Hawkish

Rupiah naik 7 poin atau 0,05 persen menjadi Rp 16.406 per dolar AS.

Warga menukarkan uang rupiah menjadi uang dolar AS.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga menukarkan uang rupiah menjadi uang dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Kamis (27/6/2024) ditutup menguat di tengah sikap bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed yang hawkish. Pada akhir perdagangan Kamis (27/6/2024), rupiah naik 7 poin atau 0,05 persen menjadi Rp 16.406 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp 16.413 per dolar AS.

Baca Juga

"Investor memerlukan data lebih banyak, mengingat serangkaian data ekonomi AS belakangan ini yang lebih lemah namun pejabat-pejabat The Fed masih terus menyuarakan pernyataan yang hawkish," kata analis mata uang Lukman Leong di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Selain itu, investor pada umumnya cenderung wait and see menantikan data produk domestik bruto (PDB) AS malam ini yang merupakan revisi ketiga, dan data inflasi PCE AS besok.

Pekan ini data manufaktur Dallas dan Richmond, keduanya lebih lemah dari perkiraan, begitu pula penjualan rumah baru yang dirilis semalam. Data yang lebih lemah pekan lalu adalah penjualan ritel, izin pembangunan rumah dan klaim pengangguran. Pada rilis sebelumnya, data inflasi AS dan inflasi PCE AS juga lebih lemah.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis meningkat ke level Rp 16.421 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp 16.435 per dolar AS.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement