Selasa 18 Jun 2024 13:19 WIB

Akio Toyoda Bertahan di Kursi Chairman Toyota Meskipun Ada Skandal

Para pemegang saham ritel menanggap Toyota perusahaan terbaik.

Para pemimpin Toyota, termasuk Chairman Akio Toyoda, bertemu dengan eksekutif puncak CP Group dan SCG di Bangkok pada 19 Desember 2023.
Foto: Nikkei Asia
Para pemimpin Toyota, termasuk Chairman Akio Toyoda, bertemu dengan eksekutif puncak CP Group dan SCG di Bangkok pada 19 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,TOYOTA CITY – Chariman Toyota Akio Toyoda dan sembilan anggota dewan pembuat mobil lainnya dipilih kembali pada rapat umum tahunan pada hari Selasa (18/6/2024). Pemegang saham mengabaikan kekhawatiran tentang skandal tata kelola dan uji sertifikasi.

Dua penasihat proksi terkemuka telah merekomendasikan agar Toyoda tidak terpilih kembali. Namun pengangkatannya kembali sudah diperkirakan secara luas mengingat kepemilikan saham di produsen mobil tersebut dimiliki oleh perusahaan grup Toyota lainnya, rekor hasil bisnis, dan popularitasnya di kalangan investor ritel Jepang.

Baca Juga

Meskipun demikian, penurunan besar dalam dukungan pemegang saham terhadap Toyoda tidak hanya akan memalukan tetapi juga dapat memacu tindakan lebih lanjut terhadap reformasi perusahaan tersebut.

Para analis menyebut percepatan upaya untuk mengurangi kepemilikan saham silang sebagai salah satu kemungkinan hasil.

 

Peringkat persetujuan Toyoda turun menjadi 85 persen pada tahun lalu dari 96 persen pada tahun 2022. Sejak itu, produsen mobil terbesar di dunia ini telah diganggu oleh serentetan pelanggaran keselamatan dan pengujian sertifikasi lainnya di perusahaan-perusahaan grup termasuk pembuat mobil kecil Daihatsu serta di perusahaan induknya. .

Penasihat Proxy Institutional Shareholder Services (ISS) mempermasalahkan cara produsen mobil tersebut menangani masalah.

Dana pensiun pegawai negeri Kota New York, misalnya, setuju dengan sikap tersebut dan memberikan suara menentang Toyoda.

“Menetapkan sikap di atas sangatlah penting,” Michael Garland, yang mengawasi tata kelola perusahaan untuk dana tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email.

Glass Lewis, yang merekomendasikan agar Toyoda tidak dipilih kembali untuk tahun kedua berturut-turut, mengatakan bahwa dia bertanggung jawab atas kurangnya independensi dewan dan juga menyebutkan kekhawatiran tentang kepemilikan saham strategis dan laba atas ekuitas.

Sebagian besar penolakan terhadap Toyoda diperkirakan datang dari investor luar negeri, yang mencakup seperempat pemegang saham Toyota.

Namun Toyoda, yang merupakan cucu pendiri perusahaan, tetap sangat populer di kalangan investor ritel, yang menguasai 12,6 persen pemegang saham produsen mobil tersebut.

Rekor keuntungan tahun lalu dan kinerja saham yang kuat juga menguntungkannya.

“Saya membeli saham Toyota sebagai bonus pensiun saya,” kata Hidenori Takahashi, 84 tahun, kepada Reuters menjelang pertemuan tersebut, seraya menambahkan bahwa dia yakin Toyota adalah “perusahaan terbaik di Jepang” bagi pemegang saham.

Dia mengatakan masalah sertifikasi yang sedang berlangsung yang mengguncang produsen mobil tersebut adalah "hal yang buruk" namun Toyoda tampaknya bersemangat untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah kesalahan tersebut terulang kembali.

Semakin banyak penyimpangan sertifikasi yang terungkap sejak penasihat perwakilan memberikan rekomendasinya.

Pada awal Juni, Toyota menyatakan telah melakukan kesalahan dalam melakukan enam tes sertifikasi kendaraan berbeda di masa lalu, termasuk untuk tiga model yang masih dijual.

Beberapa tes dilakukan di bawah kondisi yang lebih ketat daripada yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga hasilnya tidak valid, katanya.

Saham Toyota telah turun 10 persen sejak pengungkapan baru ini terungkap, namun masih naik 18 persen untuk tahun ini.

CEO Toyota Koji Sato, yang menggantikan Toyoda sebagai CEO tahun lalu, kembali meminta maaf atas masalah sertifikasi tersebut, namun baik dia maupun Toyoda tidak menanggapi rekomendasi dari penasihat perwakilannya secara langsung.

Para pemegang saham pada hari Selasa juga menolak proposal investor yang mendesak pengungkapan lebih luas mengenai lobi iklim yang ditentang oleh Toyota.

 

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement