Jumat 07 Jun 2024 12:46 WIB

Hutama Karya Fokus Selesaikan PSN Bendungan dan Tol pada Tahun Ini

Hutama Karya lakukan sejumlah strategi percepatan untuk menyelesaikan PSN.

Pekerja melakukan pengerasan ruas jalan Seksi I Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar, Aceh, Selasa (7/5/2024). Progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Tol Sibanceh Seksi I Padang Tiji - Seulimeum (25 km) sudah mencapai 85,2 persen dan ditargetkan akan rampung serta dapat beroperasi pada September 2024.
Foto: ANTARA FOTO/Khalis Surry
Pekerja melakukan pengerasan ruas jalan Seksi I Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) di Aceh Besar, Aceh, Selasa (7/5/2024). Progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Tol Sibanceh Seksi I Padang Tiji - Seulimeum (25 km) sudah mencapai 85,2 persen dan ditargetkan akan rampung serta dapat beroperasi pada September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) menyatakan fokus untuk menyelesaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) bidang bendungan dan jalan tol pada tahun ini. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan pemerataan infrastruktur di Indonesia.

“Hutama Karya optimis dapat menyelesaikan sejumlah proyek PSN sesuai dengan target yang telah direncanakan guna mewujudkan pemerataan pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah,” ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Baca Juga

Adjib mengatakan bahwa dari sejumlah PSN yang ditargetkan tersebut, beberapa digarap oleh perseroan yakni Bendungan Way Apu dengan progres sebesar 84,86 persen dan target selesai pada Oktober 2024. Kemudian Bendungan Meninting sebesar 77,66 persen dan target selesai pada bulan Agustus 2024, serta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Benteng Kobema sebesar 68 persen dan target selesai pada Desember 2024.

Sementara untuk proyek jalan tol yakni pembangunan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1 ruas Padang Tiji – Seulimum progres saat ini sebesar 86,89 persen dan target selesai pada September 2024 serta ruas Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat) dengan progres saat ini telah mencapai 100 persen di mana Seksi 1 (Tebing Tinggi – Indrapura) telah beroperasi sejak 10 November 2023.

 

Sedangkan untuk Seksi 2 (Indrapura – Kuala Tanjung), Seksi 3 (Tebing Tinggi – Serbelawan) dan Seksi 4 (Serbelawan – Pematang Siantar) segmen Serbelawan – Sinaksak ditargetkan beroperasi pada Oktober 2024.

Untuk memastikan proyek-proyek tersebut rampung tepat waktu, Hutama Karya melakukan sejumlah strategi percepatan seperti memastikan kebutuhan sumber daya, material dan alat terpenuhi, mengontrol dan mengevaluasi target secara intens agar perencanaan dapat tercapai sesuai jadwal. Kemudian, melakukan koordinasi yang efektif dan berkala dengan para pemangku kepentingan yang terlibat agar membantu kelancaran pekerjaan termasuk berkoordinasi terhadap percepatan lahan yang masih berproses dengan didukung penggunaan digital construction.

Lebih lanjut Adjib menjelaskan bahwa kehadiran proyek-proyek ini nantinya akan memberikan sejumlah manfaat diantaranya meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta menyediakan air baku dan irigasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

"Perseroan pun berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses pekerjaannya, memastikan bahwa pembangunan infrastruktur yang dihasilkan tidak hanya berkualitas, tetapi juga aman bagi semua pihak yang terlibat dan lingkungan sekitar proyek,” katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement