Rabu 08 May 2024 10:22 WIB

Ciptakan Circular Economy, Nestlé Dukung PT Rukun Mitra Sejati Perluas Distribusi di Aceh

Produk FMCG sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat dan UMKM di Aceh.

Salah satu mitra distributor PT Nestlé Indonesia, PT Rukun Mitra Sejati melebarkan jaringan distribusi dengan membuka kantor dan gudang distribusi ke-46 di Banda Aceh, Aceh.
Foto: Nestlé Indonesia
Salah satu mitra distributor PT Nestlé Indonesia, PT Rukun Mitra Sejati melebarkan jaringan distribusi dengan membuka kantor dan gudang distribusi ke-46 di Banda Aceh, Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Salah satu mitra distributor PT Nestlé Indonesia, PT Rukun Mitra Sejati melebarkan jaringan distribusi dengan membuka kantor dan gudang distribusi ke-46 di Banda Aceh, Aceh. Peresmian dilakukan pada Selasa (26/4/2024) lalu oleh Direksi PT Rukun Mitra Sejati Lie Hendy Lianto dan Herry Ruslim bersama Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu yang disaksikan oleh Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin. Hadirnya kantor dan gudang distribusi di area Aceh mendukung penyebaran distribusi produk hingga ke pelosok Indonesia, termasuk bagian paling barat Indonesia.  

PT Rukun Mitra Sejati juga sempat menggelar acara buka puasa bersama sekaligus syukuran yang dihadiri oleh perwakilan Wali Kota Banda Aceh, Pangdam Iskandar Muda Aceh, Manajemen Nestlé Indonesia, Ketua Umum GP Ansor maupun perwakilan Universitas Islam Ar-Raniry. Dalam sambutan Wali Kota Banda Aceh yang diwakili oleh Staf Ahli, Iskandar menyampaikan, produk-produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat, khususnya bagi para pelaku usaha UMKM, seperti UMKM kuliner makanan dan minuman.

Baca Juga

Peran distributor FMCG sangat vital dalam ekosistem UMKM kuliner makanan dan minuman untuk membantu mereka berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif. "Kami mengapresiasi Direksi PT Rukun Mitra Sejati yang telah membuka kantor dan gudang distribusi di Banda Aceh. Semoga dapat membantu meningkatkan perekonomian Banda Aceh,” ujar Iskandar.  

Beberapa produk-produk yang dihasilkan PT Nestlé Indonesia menjadi pilihan konsumen dan pelaku usaha UMKM kuliner makanan dan minuman di Aceh. “Alhamdulillah, kami tentunya bangga bahwa beberapa produk kami menjadi pilihan di sini. Kami juga bersyukur memiliki mitra handal, seperti PT Rukun Mitra Sejati yang berperan penting untuk membantu memasarkan produk-produk yang kami hasilkan," ujar Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu, dalam siaran persnya.

Kehadiran kantor dan gudang distribusi di Banda Aceh, menurut Sufintri, tentunya memberikan akses bagi para konsumen maupun pelaku usaha UMKM di Aceh pada produk-produk Nestlé. "Mewakili Manajemen PT Nestlé Indonesia, saya ucapkan selamat kepada atas pembukaan kantor dan gudang distribusi ke-46 di Aceh,” ujarnya.  

Di tengah situasi yang penuh tantangan dan persaingan yang semakin ketat, keputusan untuk membuka jaringan distribusi yang baru merupakan bukti nyata dari komitmen dan dedikasi untuk terus tumbuh dan berkembang. Direksi PT Rukun Mitra Sejati Lie Hendy Lianto mengatakan, kerja sama antara PT Rukun Mitra Sejati dan PT Nestlé Indonesia telah terbangun selama tiga tahun. Meskipun masih terbilang muda, namun kemitraan ini telah berdampak positif untuk mendorong pertumbuhan usaha PT Rukun Mitra Sejati.

"Terima kasih kepada Manajemen PT Nestlé Indonesia, khususnya tim Sales Nestlé Indonesia atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan sehingga kami dapat terus berkembang dalam memperluas jaringan distribusi produk-produk di Indonesia, khususnya bagi warga di Aceh,” ujar Lie Hendy.  

Dukungan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Aceh ditekankan oleh Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin yang turut hadir pada peresmian kantor dan gudang distribusi PT Rukun Mitra Sejati. Kehadiran jaringan distribusi ini akan menciptakan circular economy dengan sistem melibatkan berbagai pihak.

"Dimulai dengan kemitraan antara PT Nestlé Indonesia dengan PT Rukun Mitra Sejati untuk proses distribusi, kemudian PT Rukun Mitra Sejati menggandeng GP Ansor untuk menjadi mitra transportasi dalam proses pengiriman produk-produk hingga tiba ke konsumen dan pelaku UMKM. Model ini tentunya dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat,” kata Gus Addin.

Upaya tersebut sejalan dengan komitmen PT Nestlé Indonesia untuk mendukung peningkatan taraf hidup masyarakat di mana Nestlé beroperasi. Selama lebih dari 52 tahun perjalanan yang telah dilalui, tentunya disadari tantangan-tantangan yang dihadapi.

Nestlé Indonesia berharap agar dapat terus berkontribusi untuk menciptakan manfaat bersama bagi Indonesia melalui kemitraan dengan berbagai pihak, misalnya mitra bisnis. Nestlé senantiasa berupaya untuk menyediakan akses bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mengonsumsi produk-produk yang lebih lezat dan sehat serta bersertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) - Kemenag RI maupun izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami turut berupaya menginspirasi masyarakat untuk hidup dengan lebih sehat, dengan berbagi pengetahuan tentang gizi,” kata Sufintri Rahayu.  

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement