Selasa 23 Apr 2024 16:08 WIB

LPPI: Perempuan dalam Manajemen Berpengaruh Positif ke Kinerja Bank

Keberadaan perempuan dalam manajemen puncak tingkatkan harga saham.

Riset Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menemukan bahwa peran perempuan dalam jajaran manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja industri perbankan Indonesia.
Foto: Bank Mandiri
Riset Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menemukan bahwa peran perempuan dalam jajaran manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja industri perbankan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) menemukan bahwa peran perempuan dalam jajaran manajemen puncak berpengaruh positif terhadap kinerja industri perbankan Indonesia.

“Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keberadaan perempuan di dalam manajemen puncak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja bank di Indonesia,” kata Direktur LPPI Retno W Wijayanti saat seminar bertajuk “The Role of Women Leadership in Digital Era” di Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Secara umum, penelitian LPPI melihat pengaruh keberadaan perempuan di dalam manajemen puncak terhadap kinerja bank di Indonesia yang diukur melalui Return On Equity (ROE), Return On Asset (ROA), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan perubahan harga saham.

Penelitian menggunakan data laporan tahunan bank periode 2020-2022. Secara lebih terperinci, penelitian menemukan makin banyak keberadaan perempuan di dalam manajemen puncak berdampak pada nilai ROE yang juga semakin besar. Keberadaan perempuan dalam manajemen puncak juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan harga saham.

Selain itu, keberadaan perempuan di manajemen puncak rata-rata meningkat jumlahnya selama periode 2020-2021. Melihat hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa perempuan memiliki peran yang penting dalam posisi manajemen puncak di industri perbankan Indonesia.

Oleh karena itu, LPPI berpendapat penambahan jumlah perempuan dalam posisi manajemen puncak pun juga semakin esensial dalam pertumbuhan sektor bisnis di Indonesia.

Lebih lanjut, LPPI menyatakan tuntutan kepada perempuan untuk lebih adaptif dan tangguh dalam melakukan penyesuaian terhadap kondisi bisnis dan pengelolaan human capital di era digital tentu makin besar.

Hal itu membuat digital leadership menjadi isu yang tidak boleh dinafikan oleh para profesional dan pengambil keputusan saat ini, tidak terkecuali bagi pemimpin-pemimpin perempuan.

LPPI sebagai Center for Leadership and Ethic, yang diresmikan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Pertahanan, hadir untuk berkontribusi lebih banyak dalam mencetak pemimpin-perempuan tangguh yang dapat memberikan warna dan kontribusi positif di sektor keuangan maupun sektor lainnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement